Perancangan Sistem Penjualan Tunai dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi Kasus pada Toko Indah Kaliwungu)

OCTAVIANA, INGE (2006) Perancangan Sistem Penjualan Tunai dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi Kasus pada Toko Indah Kaliwungu). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0121 Inge Octaviana COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0121 Inge Octaviana BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0121 Inge Octaviana BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0121 Inge Octaviana BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0121 Inge Octaviana BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0121 Inge Octaviana BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0121 Inge Octaviana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0121 Inge Octaviana LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan Sistem Informasi pada saat ini telah mendorong banyak badan usaha untuk mulai menggunakan komputer dalam setiap transaksi. Oleh karena itu, banyak badan usaha besar, menengah ataupun kecil telah mulai merancang dan mengembangkan sistem yang terkomputerisasi untuk setiap transaksinya. Dalam mengembangkan suatu sistem informasi terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan, salah satunya adalah metode Rapid Application Development (RAD) yang menghasilkan suatu model (prototype) pengembangan sistem dengan memanfaatkan kecanggihan komputer dalam pengolahan datanya. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Toko Indah Kaliwungu pada transaksi penjualan dimana transaksi penjualan Toko Indah adalah transaksi penjualan tunai. Pada penelitian ini menganalisis prosedur penjualan yang berjalan pada Toko Indah sesuai dengan tahap-tahap pada metode Rapid Application Development (RAD). Berdasarkan hasil analisis terhadap sistem penjualan yang berjalan saat ini ditemukan beberapa kelemahan antara lain tidak ada efisiensi waktu, terjadi salah hitung dan salah catat barang, dan tidak ada laporan yang pasti dan akurat mengenai transaksi penjualan yang terjadi setiap harinya. Dari kelemahan yang ditemukan, dibuat suatu rancangan baru yang digambarkan dalam suatu flowchart program dengan memperhatikan kebutuhan sistem dan pengendalian internal dari sistem yang dibuat. Dari hasil analisis yang dilakukan menghasilkan suatu rancangan berupa prototype program sistem penjualan tunai dengan menggunakan Microsoft Visual FoxPro 7.0.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:07
Last Modified: 30 Mar 2017 08:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13516

Actions (login required)

View Item View Item