PENGARUH STRUKTUR DAN KULTUR ORGANISASIONAL TERHADAP PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DALAM PENINGKATAN KINERJA MANAJERIAL: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Semarang

KURNIAWAN, ANDY (2006) PENGARUH STRUKTUR DAN KULTUR ORGANISASIONAL TERHADAP PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DALAM PENINGKATAN KINERJA MANAJERIAL: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Semarang. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0107 Andy Kurniawan COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0107 Andy Kurniawan BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0107 Andy Kurniawan BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0107 Andy Kurniawan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0107 Andy Kurniawan LAMPIRAN.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Anggaran partisipatif merupakan pendekatan manajerial yang umumnya dinilai dapat meningkatkan efektifitas organisasional melalui peningkatan kinerja setiap anggota organisasi secara individual atau kinerja manajerial. Anggaran partisipatif telah dinilai mempunyai pengaruh positif pada kinerja manajerial, akan tetapi hasil – hasil penelitian terdahulu mengenai hubungan anggaran partisipatif dengan kinerja manajerial menunjukkan ketidak jelasan hubungan dan tidak konsisten atau saling bertentangan. Salah satu cara untuk merekonsiliasi hasil yang salimg bertentangan tersebut adalah meneliti berbagai faktor kondisioanal yang bertindak sebagai variabel moderaring dan intervening dengan pendekatan kontijensi. Penelitian ini secara empiris menguji pengaruh anggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial dipengaruhi oleh struktur organisasional dan kultur organisasional sebagai variabel moderating. Data yang di pakai dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari sumber utama, baik individu maupun kelompok. Sampel dari penelitian ini adalah para manajer tingkat menengah pada perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Dalam penelitian ini terdapat 73 responden. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner pada para responden, kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji regresi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Interaksi antara struktur organisasional sebagai variabel moderating dengan partisipasi penyusunanan anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Interaksi antara kultur organisasional sebagai variabel moderating dengan partisipasi penyusunanan anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:06
Last Modified: 30 Mar 2017 08:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13509

Actions (login required)

View Item View Item