PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Semarang)

MEGASARI, CATARINA ARIN (2006) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0060 Catarina Arin Megasari COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0060 Catarina Arin Megasari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0060 Catarina Arin Megasari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0060 Catarina Arin Megasari BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0060 Catarina Arin Megasari BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0060 Catarina Arin Megasari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0060 Catarina Arin Megasari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0060 Catarina Arin Megasari LAMPIRAN.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Partisipasi penyusunan anggaran atau tingkat keterlibatan dan pengaruh individu dalam penyusunan anggaran yang baik dapat meningkatkan kinerja manajerial karena partisipasi memungkinkan bawahan mengkomunikasikan apa yang mereka butuhkan kepada atasannya. Hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial dalam penelitian ini dipengaruhi oleh faktor-faktor kontinjensi seperti komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan sebagai variabel moderating. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, (2) untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap hubungan pertisipasi anggaran dan kinerja manajerial, (3) untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan consideration terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial. Responden penelitian ini adalah manajer perusahaan manufaktur berskala menengah-besar di Semarang. Kuesioner yang dikirim keperusahaan sebanyak 110, kuesioner yang kembali hanya 55 dan yang dapat diolah hanya 53 kuesioner. Data yang dikumpulkan pertama-tama dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dari kedua uji ini diperoleh bahwa semua indikator yang digunakan untuk mengukur semua variabel mempunyai nilai r hitung > r tabel dan nilai Cronbach Alpha Based on Standardized Items > 0.60. Sehingga semua indikator dari variabel-variabel tersebut dapat dikatakan valid. dan reliabel. Setelah uji validitas dan reliabilitas, dilakukan uji asumsi klasik dimana semua model lolos uji ini setelah variabel independen yang mempunyai korelasi tinggi dari model regresi dikeluarkan. Teknik pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hipotesis pertama terdukung karena nilai koefisien regresi partisipasi anggaran (â1) pada persamaan pertama adalah 0,500 dengan signifikansi t kurang dari á = 1%. (2) hipotesis kedua terdukung karena nilai koefisien regresi, interaksi antara partisipasi anggaran dengan komitmen organisasi (â3) pada persamaan kedua adalah 0,018 dengan signifikansi t kurang dari á = 1%. (3) hipotesis ketiga terdukung karena nilai koefisien regresi, interaksi antara partisipasi anggaran dengan gaya kepemimpinan (â3) pada persamaan ketiga adalah 0,005 dengan signifikansi t kurang dari á = 1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:01
Last Modified: 30 Mar 2017 08:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13481

Actions (login required)

View Item View Item