IMPLEMENTASI KUALITAS PELAYANAN PADA PASIEN IBU BERSALIN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DITINJAU DARI UNDANGUNDANG NO 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS)

FITRIASARI, SINGGIH (2016) IMPLEMENTASI KUALITAS PELAYANAN PADA PASIEN IBU BERSALIN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DITINJAU DARI UNDANGUNDANG NO 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS). Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
12.93.0047 Singgih Fitriasari COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.93.0047 Singgih Fitriasari BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
12.93.0047 Singgih Fitriasari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
12.93.0047 Singgih Fitriasari BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.93.0047 Singgih Fitriasari BAB IV.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.93.0047 Singgih Fitriasari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan BPJS yang dilakukan oleh rumah sakit masih banyak dijumpai kekurangan dan apabila kondisi seperti ini tidak direspon, maka akan menimbulkan citra yang kurang baik terhadap rumah sakit itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kualitas pelayanan pada ibu bersalin peserta BPJS, mengetahui kesesuaian pelayanan rumah sakit terhadap pasien ibu bersalin peserta BPJS dengan undang-undang BPJS yang berlaku dan menganalisis hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan BPJS berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian adalah deskriptif analisis. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan melalui penelitian lapangan, penelitian kepustakaan dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan rumah sakit bagi pasien ibu bersalin peserta BPJS sudah baik terbukti bahwa rumah sakit sudah menerapkan standar pelayanan minimal dan mampu melaksanakan asuhan persalinan normal dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Pelayanan rumah sakit dengan Undang-Undang BPJS Kesehatan sudah sesuai hal tersebut terbukti dari bahwa dari implementasi kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles) yang dilakukan oleh RSUD Kota Semarang sudah menunjukkan upaya untuk menciptakan kepuasan kepada pasiennya. Hal ini terbukti bahwa dari hasil wawancara tentang kehandalan (reliability) diketahui bahwa prosedur dan pelayanan pasien rawat inap mudah, cepat dan tidak berbelit-belit, dari sisi daya tanggap (responsiveness) bahwa rata-rata pasien telah mendapatkan pelayanan yang semestinya, pihak rumah sakit juga mengutamakan penanganan pelayanan guna kesembuhan pasien, diperlakukan adil dan dari aspek bukti fisik (tangibles) diketahui bahwa RSUD Kota Semarang dari penampilan fisik gedung dan ruangan baik dan sarana pendukung lainnya cukup baik. Sementara implementasi yang kurang adalah tentang tempat parkir dan mushola yang perlu diperluas. Hambatan dalam pelaksanaan pelayanan pada ibu bersalin peserta BPJS Kesehatan PBI antara lain adalah karena keterbatasan Sumber Daya Manusia serta rendahnya pengetahuan pasien tentang BPJS Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan, persalinan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 350 Public administration & military science > Government Policy
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:55
Last Modified: 30 Mar 2017 07:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item View Item