PELAKSANAAN PENYEDIAAN POJOK LAKTASI DI PERUSAHAAN GARMENT KOTA SEMARANG BERDASARKAN PERMENKES NOMOR 15 TAHUN 2013 (STUDI KASUS PT SANDANG ASIA MAJU ABADI SEMARANG)

Jamil, Masfufatun (2016) PELAKSANAAN PENYEDIAAN POJOK LAKTASI DI PERUSAHAAN GARMENT KOTA SEMARANG BERDASARKAN PERMENKES NOMOR 15 TAHUN 2013 (STUDI KASUS PT SANDANG ASIA MAJU ABADI SEMARANG). Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
11.93.0051 Masfufatun Jamil COVER.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.93.0051 Masfufatun Jamil BAB I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
11.93.0051 Masfufatun Jamil BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
11.93.0051 Masfufatun Jamil BAB III.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.93.0051 Masfufatun Jamil BAB IV.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.93.0051 Masfufatun Jamil DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan yang yang memiliki gizi sempurna sesuai dengan kebutuhan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Banyak faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pemberian ASI eksklusif pada bayi, salah satu faktor tersebut karena ibu bekerja di luar rumah sehingga terpisah antara ibu dengan bayi. Tatacara penyediaan fasilitas khusus menyusui dan/atau memerah ASI diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 15 Tahun 2013. Tidak semua perusahaan garment di Semarang menyediakan pojok laktasi, tetapi pada PT Sandang Asia Maju Abadi tersedia pojok laktasi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pelaksanaan penyediaan pojok laktasi di perusahaan, dapat menganalisis kendala-kendala yang dihadapi dan upaya yang untuk mengatasi kendalakendala dalam pelaksanaan pojok laktasi di perusahaan garmen Sandang Asia Maju Abadi Kota Semarang. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis dan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Aspek yuridis yang diteliti adalah ketentuan hukum tentang pojok laktasi serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pojok laktasi di perusahaan PT Sandang Asia Maju Abadi Semarang. Aspek sosiologis yang diteliti yaitu tanggapan pelaku perusahaan serta dinasdinas yang terkait dalam pelaksanaan pojok laktasi di perusahaan PT Sandang Asia Maju Abadi Semarang. Perusahaan Garmen Sandang Asia Maju Abadi sebenarnya telah menyediakan pojok laktasi sebagai fasilitas karyawan perempuan yang menyusui untuk memerah ASInya. Penyediaan pojok laktasi di perusahaan ini disediakan satu ruangan khusus sebagai bentuk ketaatan perusahaan terhadap peraturan yang berlaku yaitu memberikan kesempatan kepada karyawan yang menyusui. Sarana prasarana yang disediakan perusahaan dalam mendukung ASI eksklusif belum sesuai dengan Permenkes Nomor 15 karena belum terdapat tenaga terlatih pemberian ASI sehingga tidak terdapat penanggung jawab ruang pojok laktasi, ruangan dan peralatan juga belum sesuai dengan standar. Pihak terkait (Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Disnakertrans) dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pojok laktasi masih bersifat umum, belum bersifat khusus pada perusahaan. Kata Kunci : Kebijakan, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2013, Pelaksanaan pojok laktasi pada perusahaan garmen PT Sandang Asia Maju Abadi Kota Semarang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 350 Public administration & military science > Government Policy
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:54
Last Modified: 30 Mar 2017 07:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13439

Actions (login required)

View Item View Item