Thursena, Mauritius (2016) PERUMUSAN BLUE OCEAN STRATEGY UNTUK STRATEGI BERSAING PADA PUSAT PERBELANJAAN DP MALL SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
13.32.0007 Mauritius Thursena COVER.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
13.32.0007 Mauritius Thursena BAB I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
13.32.0007 Mauritius Thursena BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
|
Text
13.32.0007 Mauritius Thursena BAB III.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
13.32.0007 Mauritius Thursena BAB IV.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
13.32.0007 Mauritius Thursena BAB V.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
13.32.0007 Mauritius Thursena DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
13.32.0007 Mauritius Thursena LAMPIRAN.pdf Download (564kB) | Preview |
Abstract
Dunia bisnis tidak akan lepas dari yang namanya persaingan. Persaingan akan selalu ada di segala macam bisnis dan industri apapun termasuk DP Mall Semarang yang bersaing dalam industri pusat perbelanjaan di Semarang. Blue Ocean Strategy adalah salah satu strategi dimana perusahaan keluar dari persaingan dalam industri sekarang ini (samudra merah) dan masuk ke samudra biru dengan menciptakan ruang pasar dan permintaan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang digunakan oleh DP Mall Semarang saat ini dan untuk merumuskan strategi bersaing samudra biru bagi DP Mall Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Penentuan narasumber wawancara melalui teknik purposive sampling. Perumusan strategi samudra biru dilakukan melalui tiga tahapan, pertama adalah membuat kanvas strategi, kedua adalah melihat peluang dengan kerangka kerja enam jalan, dan yang ketiga adalah membuat kerangka kerja empat langkah. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: (1) DP Mall Semarang menggunakan strategi Tenant Mix sebagai strategi bersaing saat ini. (2) Hasil dari perumusan strategi samudra biru pada DP Mall Semarang yaitu sebagai berikut: (a) tidak perlu ada faktor yang dihapuskan karena semua faktor penting dan mempengaruhi pengunjung dalam mengunjungi mal, (b) mengurangi keberagaman tenant, (c) meningkatkan keberagaman tempat makan / restaurant / cafe, meningkatkan kebersihan toilet, meningkatkan keberagaman tempat hiburan dan entertainment, meningkatkan keindahan arsitektur, dan (d) membuat acara food festival, membuat acara market bazaar, menyediakan child day care, dan menciptakan new experience. Kata Kunci: Strategi Bersaing, Strategi Samudra Biru, Pusat Perbelanjaan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Ignatius Eko Budi Setiono |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 07:49 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:01 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13406 |
Actions (login required)
View Item |