PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (Studi Kasus Pada PRIMKOP POLWILTABES Semarang)

Nugroho, Yulius Bayu (2005) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (Studi Kasus Pada PRIMKOP POLWILTABES Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0224 Yulius Bayu Nugroho COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0224 Yulius Bayu Nugroho BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0224 Yulius Bayu Nugroho BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0224 Yulius Bayu Nugroho BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0224 Yulius Bayu Nugroho BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0224 Yulius Bayu Nugroho BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0224 Yulius Bayu Nugroho DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Meningkatkan efisiensi waktu dan efektivitas kerja dengan pemanfaatan teknologi informasi mempunyai peran sangat besar, terutama dalam manajemen dan pengolahan data suatu badan usaha, tidak terkecuali koperasi. Dalam mengembangkan suatu sistem informasi terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan, salah satunya adalah metode Rapid Application Development (RAD) yang menghasilkan suatu model (prototype) pengembangan sistem dengan memanfaatkan kecanggihan komputer dalam pengolahan datanya. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PRIMKOP POLWILTABES Semarang pada unit simpan pinjam. Pada penelitian ini menganalisis prosedur-prosedur simpan pinjam yang berjalan pada koperasi tersebut sesuai dengan tahap-tahap pada metode Rapid Application Development (RAD). Analisis masalah yang terdapat dalam koperasi tersebut digambarkan dalam suatu flowchart sistem dalam setiap prosedur yang berjalan. Berdasarkan hasil analisis terhadap sistem simpan pinjam yang berjalan ditemukan beberapa kelemahan yang terdapat pada waktu pemrosesan, pembuatan laporan, dan sistem pengarsipan datanya. Dari kelemahan yang ditemukan, dibuat suatu rancangan baru yang digambarkan dalam suatu flowchart program dengan memperhatikan kebutuhan sistem dan pengendalian internal dari sistem yang dibuat. Dari hasil analisis yang dilakukan menghasilkan suatu rancangan berupa prototype program sistem simpan pinjam dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:47
Last Modified: 30 Mar 2017 07:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item