EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT (Studi Kasus Pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Unit Jawa Tengah)

Laka, C.M. Gaudeline (2005) EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT (Studi Kasus Pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia Unit Jawa Tengah). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0209 C.M. Gaudeline Laka COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0209 C.M. Gaudeline Laka BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0209 C.M. Gaudeline Laka BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0209 C.M. Gaudeline Laka BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0209 C.M. Gaudeline Laka BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0209 C.M. Gaudeline Laka BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0209 C.M. Gaudeline Laka DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0209 C.M. Gaudeline Laka LAMPIRAN.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Seperti audit keuangan pada umumnya, audit Teknologi Informasi (TI) juga memiliki metode dan teknik yang handal, yang memungkinkan diperolehnya hasil evaluasi yang kredibel. Audit TI merupakan proses pengumpulan dan evaluasi bukti-bukti untuk menentukan apakah sistem komputer yang digunakan telah dapat melindungi aset organisasi, menjaga integritas data, dapat membantu pencapaian tujuan organisasi secara efektif, serta menggunakan sumber daya yang dimiliki secara efisien (Weber, 2000). Audit TI sendiri merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu antara lain : tradisional audit, manajemen sistem informasi, sistem informasi akuntansi, ilmu komputer dan behavioral science. Pada dasarnya, Audit TI dapat dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu Pengendalian Aplikasi (Apllication Control) dan Pengendalian Umum (General Control). Tujuan Pengendalian umum lebih menjamin integritas program atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan pemrosesan data. Sementara, tujuan pengendalian aplikasi dimaksudkan untuk memastikan bahwa data secara benar ke dalam aplikasi, diproses secara benar dan terdapat pengendalian yang memadahi atas output yang dihasilkan. Dalam praktiknya, tahapan-tahapandalam audit TI tidak berbeda dengan audit yang sudah ada pada umumhya. Tahapan perencanaan, sebagai suat pendahuluan, mutlak diperlukan agar auditor mengenal benar objek yang akan diperiksa. Di samping tentunya, auditor dapat memastikan bahwa qualified resources sudah dimiliki, dalam hal ini aspek SDM yang berpengalaman dan juga referensi praktik-praktik terbaik (best practises). Tahapan perencanaan ini akan menghasilkan suatu program audit didesain sedemikian rupa, sehingga pelaksanaannya akan berjalan efektif dan efisien, dan dilakukan oleh orang-orang yang kompeten serta dapat diselesaikan dalam waktu yang disepakati. Dalam pelaksanaannya, auditor TI mengumpulkan bukti-bukti yang memadahi melalui berbagai teknik termasuk survey, interview, observasi, dan review dokumentasi. Sesuai degan standar auditing ISACA (Information Syatem Audit and Control Association), selain melakukan pekerjaan lapangan, auditor juga harus menyususn laporan yang mencakup tujuan pemeriksaan, tujuan, sifat dan kedalaman pemeriksaan yang dilakukan. Laporan ini juga harus menyebutkan organisasi yang diperiksa, pihak pengguna laporan yang dituju dan batasanbatasan distribusi laporan. Laporan juga harus memasukkan temuan serta kesimpulan. Lebih lanjut, auditor dapat menggunakan Audit Guidelines sabagai tambahan materi untuk merancang prosedur audit. Singkatnya, COBIT khususnya Guidelines dapat dimodifikasi dengan mudah, sesuai dengan industri dan kondisi TI di perusahaan ataupun organisasi tertentu. Selain dapat digunakan oleh auditor, COBIT dapat juga digunakan oleh manajemen sebagai jembatan antara risiko-risiko TI dengan pengendalian yang dibutuhkan (IT Risk Management) dan juga referensi utama yang sangat membantu dalam penerapan IT Governance di Perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:45
Last Modified: 30 Mar 2017 07:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13386

Actions (login required)

View Item View Item