ANALISIS DAMPAK PINJAMAN MODAL DALAM SKIM PEMBIAYAAN MIKRO TERHADAP KINERJA USAHA PEDAGANG MIKRO (STUDI PADA PARA PEDAGANG MIKRO PASAR BULU KOTA SEMARANG)

Tjhin, Agnes Malisa (2016) ANALISIS DAMPAK PINJAMAN MODAL DALAM SKIM PEMBIAYAAN MIKRO TERHADAP KINERJA USAHA PEDAGANG MIKRO (STUDI PADA PARA PEDAGANG MIKRO PASAR BULU KOTA SEMARANG). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
12.30.0007 Tjhin, Agnes Malisa COVER.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0007 Tjhin, Agnes Malisa BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
12.30.0007 Tjhin, Agnes Malisa BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
12.30.0007 Tjhin, Agnes Malisa BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0007 Tjhin, Agnes Malisa BAB IV.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0007 Tjhin, Agnes Malisa BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0007 Tjhin, Agnes Malisa DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0007 Tjhin, Agnes Malisa LAMPIRAN.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi dan sering disebut juga sebagai jantung perekonomian Indonesia, karena dianggap mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya penyerapan tenaga kerja. Pelaku-pelaku UMKM tidak hanya berfokus kepada pelaku usaha kecil saja tetapi juga para pedagang mikro khususnya yang berada di pasar tradisional. Namun, jika diperhatikan lebih lagi, UMKM mengalami permasalahan yang sudah sangat sering dibicarakan yaitu keterbatasan modal dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya tersebut. Maka, pinjaman modal dirasa mampu mengatasi permasalahan tersebut demi terciptanya keberlangsungan sektor UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dirasakan oleh pelaku UMKM khususnya para pedagang mikro di pasar tradisional setelah memperoleh dana pinjaman modal dari lembaga pembiayaan mikro. Dampak pinjaman modal dari lembaga pembiayaan mikro yang berupa kredit terhadap kinerja usaha yang berhubungan dengan asset, modal, omzet, dan laba usaha inilah yang diteliti. Responden pada penelitian ini adalah pedagang mikro di Pasar Bulu Kota Semarang dengan jumlah sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara yang bertumpu pada kuesioner. Penelitian ini bersifat kualitatif, maka metode analisis yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pinjaman modal berupa kredit dari lembaga pembiayaan mikro mampu memberikan dampak yang positif terhadap usaha para pedagang dalam hal peningkatan jumlah volume barang dagangan yang pada akhirnya berpengaruh terhadap peningkatan jumlah omset dan laba usaha yang diperoleh para pedagang. Kata kunci : Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Pembiayaan Mikro, Lembaga Pembiayaan Mikro, Pinjaman Modal, Kredit, Asset, Laba, Omzet, Modal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Credit
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:41
Last Modified: 24 Feb 2023 07:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13367

Actions (login required)

View Item View Item