PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Nataliana, - (2005) PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0175 Nataliana COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0175 Nataliana BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0175 Nataliana BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0175 Nataliana BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0175 Nataliana BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0175 Nataliana BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0175 Nataliana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0175 Nataliana LAMPIRAN.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Internal Locus of Control merupakan cara pandang seseorang terhadap suatu peristiwa apakah dia dapat atau tidak dapat mengendalikan peristiwa yang terjadi padanya. Orang yang mempunyai internal Locus of Control percaya bahwa apa yang terjadi pada dirinya adalah karena pengaruhnya sendiri. Sedangkan orang yang berorientasi kontrol eksternal beranggapan bahwa faktor yang mempengaruhi dirinya berada diluar kontrolnya. Dalam situasi ketidakpastian yang meningkat seorang manajer akan membutuhkan informasi, namun kebutuhan akan informasi tersebut dipengaruhi oleh Locus of Control yang dimiliki oleh seorang manajer. Manajer yang memiliki Internal Locus of Control cenderung menyadari pentingnya informasi yang relevan. Pennelitian ini bermaksud menguji apakah dalam situasi Ketidakpastian Lingkungan yang meningkat dengan Internal Locus of Control yang tinggi Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen akan bermanfaat. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dimana peneliti memilih sampel penelitian berdasarkan tujuan atau target tertentu secara tidak acak. Dengan kriteria perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang mempunyai alamat dan nomor telepon yang jelas untuk dapat dihubungi dan perusahaan yang mau berpartisipasi dalam pengisian kuesioner. Untuk menguji bagaimana variabel – variabel yang diajukan digunakan uji regresi berganda.dari 75 kuesioner yang dibagikan kepada 16 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang hanya 54 kuesioner yang kembali dengan respon rate sebesar 72 %.dari 54 kuesioner yang kembali 2 diantaranya tidak dapat dianalisis lebih lanjut karena pengisiannya yang tidak lengkap. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji sebesar 0.000 < 0.05 yang mengindikasikan bahwa hipotesis pertama diterima. Dengan demikian berarti dengan adanya Internal Locus of Control yang tinggi dalam situasi Ketidakpastian Lingkungan yang meningkat informasi yang berkarakteristik Broadscope bermanfaat.Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa nilai uji signifikansi sebesar 0.387 > 0.05 yang mengindikasikan bahwa hipotesis kedua ditolak.yang artinya dengan adanya Internal Locus of Control yang tinggi dalam situasi Ketidakpastian Lingkungan yang meningkat informasi yang berkarakteristik Timeliness tidak bermanfaat.Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji sebesar 0.006 < 0.05 yang mengindikasikan bahwa hipotesis ketiga diterima.yang artinya dengan adanya Internal Locus of Control yang tinggi dalam situasi Ketidakpastian Lingkungan yang meningkat informasi yang berkarakteristik aggregate bermanfaat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:34
Last Modified: 30 Mar 2017 07:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13339

Actions (login required)

View Item View Item