Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada Perusahaan Rosok Magenta Kabupaten Semarang dengan Metode Rapid Application Development (RAD)

Wibowo, Yoki Vetriandi (2016) Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada Perusahaan Rosok Magenta Kabupaten Semarang dengan Metode Rapid Application Development (RAD). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
12.60.0196 Yoki Vetriandi Wibowo COVER.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.60.0196 Yoki Vetriandi Wibowo BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
12.60.0196 Yoki Vetriandi Wibowo BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
12.60.0196 Yoki Vetriandi Wibowo BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.60.0196 Yoki Vetriandi Wibowo BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.60.0196 Yoki Vetriandi Wibowo BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.60.0196 Yoki Vetriandi Wibowo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penerapan teknologi dan sistem informasi pada era saat ini merupakan peran yang vital dalam kelangsungan hidup manusia. Pada era sekarang, kebutuhan manusia tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya sebuah teknologi dan sistem informasi. Sistem informasi sendiri bertujuan untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dalam memecahkan masalah dan dalam pengambilan keputusan. Dalam dunia bisnis, sistem informasi sangat dibutuhkan dan berperan penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pada perusahaan rosok Magenta yaitu pencatatan yang dilakukan banyak terjadi kesalahan akibat human error karena masih menggunakan pencatatan secara manual.. Permasalahan tersebut dirancang menjadi sistem informasi akuntansi berbasis komputerisasi dan kemudian diterapkan pada perusahaan rosok Magenta. Sistem informasi akuntansi yang diterapkan menggunakan metode Rapid Application Development. Basis data yang digunakan adalah mySQL dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah Visual Basic 2010. Alat bantu dalam perancangan sistem informasi tersebut adalah Data Flow Diagram (DFD), Flowchart, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Terdapat dua tahap analisis dalam penentuan sistem informasi akuntansi, yaitu tahap analisis kebutuhan sistem dan tahap analisis perhitungan harga pokok penjualan menurut akuntansi biaya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa segala pencatatan yang terdapat pada perusahaan rosok Magenta berjalan dengan efektif dan Efisien karena sudah menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis komputerisasi dan terdapat form sesuai kebutuhan pengguna, seperti penjualan, pembelian, stok bahan baku, serta laporan keuangan. Sehingga, pencatatan yang dilakukan perusahaan rosok Magenta tidak mengalami human error kembali. Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Metode Rapid Application Development

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:18
Last Modified: 19 May 2023 04:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13285

Actions (login required)

View Item View Item