ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH SEASONED EQUITY OFFERINGS

Hartono, Adi (2006) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH SEASONED EQUITY OFFERINGS. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0089 Adi Hartono COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0089 Adi Hartono BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0089 Adi Hartono BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0089 Adi Hartono BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0089 Adi Hartono BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0089 Adi Hartono BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0089 Adi Hartono DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Perusahaan yang go public dalam perkembangannya masih membutuhkan sumber dana untuk membiayai kegiatan operasionalnya, tambahan investasi, maupun untuk membayar hutangnya yang telah jatuh tempo. Untuk mendapatkan tambahan dana ini, perusahaan biasanya melakukan penawaran ekuitas tambahan atau yang biasa sering disebut dengan Seasoed Equity Offerings ( SEO ). Maka masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Apakah perusahaan yang melakukan SEO akan mengalami penurunan kinerja dalam jangka panjang? Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris bahwa perusahaan yang melakukan SEO dalam jangka panjang akan mengalami penurunan kinerja. Objek yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan yang melakukan SEO selama kurun waktu lima tahun yaitu laporan keuangan perusahaan dua tahun sebelum SEO yaitu tahun 1998-1999, saat SEO tahun 2000-2001, dan dua tahun sesudah SEO tahun 2002-2003. Adapun lokasi penelitian yang diambil adalah dari Bursa Efek Jakarta. Populasi yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah semua perusahaan yang terdaftar dalam BEJ, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan SEO periode tahun 2000-2001 yang terdaftar di BEJ. Sampel yang memenuhi kriteria penelitian ini adalah 20 sampel perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diambil dari laporan keuangan dan harga saham penutupan bulanan perusahaan yang melakukan SEO periode tahun 2000-2001 dan terdaftar di BEJ. Sumber Data diperoleh dari Pojok BEJ Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata Semarang. Data yang dibutuhkan adalah data rasio-rasio keuangan perusahaan antara lain Current Ratio (CR), Debt Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover ratio (TAT ), Net Profit Margin (NPM), Return on Investment (ROI), dan harga saham penutupan bulanan. Data tersebut didapatkan dari Indonesian Capital Market Directory ( ICMD ) tahun 1998-2004. Metode analisis yang dilakukan adalah melakukan uji statistik yang digunakan untuk menentukan keputusan menerima atau menolak hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Pengujian statistik yang dilakukan adalah dengan menggunakan : uji Wilcoxon. Uji Wilcoxon dilakukan dengan membandingkan kinerja sebelum dan sesudah SEO untuk mengetahui apakah kinerja sebelum penawaran lebih tinggi dibandingkan kinerja sesudah penawaran dan membuktikan terjadinya penurunan kinerja pasca dilakukannya SEO tersebut. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : (1) Perusahaan yang melakukan SEO akan mengalami penurunan Current Ratio ( CR ) dalam jangka panjang setelah penawaran hasilnya tidak diterima (ditolak); (2) Perusahaan yang melakukan SEO akan mengalami kenaikan Debt to Equity ratio ( DER ) dalam jangka panjang setelah penawaran hasilnya tidak diterima (ditolak); (3) Perusahaan yang melakukan SEO akan mengalami penurunan Net Profit Margin (NPM) dalam jangka panjang setelah penawaran hasilnya tidak diterima (ditolak); (4) Perusahaan yang melakukan SEO akan mengalami penurunan Total Asset Turnover ratio ( TAT ) dalam jangka panjang setelah penawaran hasilnya tidak diterima (ditolak); (5) Perusahaan yang melakukan SEO akan mengalami penurunan Return on Investment ( ROI ) dalam jangka panjang setelah penawaran hasilnya tidak diterima (ditolak); (6) Perusahaan yang melakukan SEO akan mengalami penurunan kinerja saham dalam jangka panjang setelah penawaran hasilnya tidak diterima (ditolak). Untuk penelitian mendatang disarankan untuk memperluas periode pengamatan sampai lima tahun sebelum maupun sesudah SEO sehingga akan menjadikan hasil penelitian lebih akurat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Stocks
> 650 Management > 657 Accounting > Financial reports
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:12
Last Modified: 30 Mar 2017 07:12
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item View Item