FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BIAYA TRANSAKSI DAN PENGARUH BIAYA TRANSAKSI TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF KOPERASI (Studi Empiris Pada KUD di Kabupaten Semarang)

Kurniawati, Bernadine Rully (2005) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BIAYA TRANSAKSI DAN PENGARUH BIAYA TRANSAKSI TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF KOPERASI (Studi Empiris Pada KUD di Kabupaten Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0073 Bernadine Rully Kurniawati COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0073 Bernadine Rully Kurniawati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0073 Bernadine Rully Kurniawati BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0073 Bernadine Rully Kurniawati BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0073 Bernadine Rully Kurniawati BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0073 Bernadine Rully Kurniawati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0073 Bernadine Rully Kurniawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah Asset Specificity, Dual Identity, Prinsip Koperasi, Partisipasi Anggota berpengaruh terhadap Biaya Transaksi. Penelitian ini juga untuk menguji pengaruh Biaya Transaksi terhadap Keunggulan Kompetitif Koperasi. Dimana dalam penelitian ini responden yang akan diteliti adalah anggota koperasi. Alasan menggunakan anggota sebagai sampel adalah dapat diketahuinya apakah anggota yang ada sudah cukup memberikan kontribusi yang baik berupa partisipasinya terhadap koperasi itu sendiri. Karena anggota merupakan kunci berjalannya suatu koperasi. Jumlah koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi Kabupaten Semarang berjumlah 14, namun hanya 10 koperasi yang mau berpartisipasi dan masih aktif dalam kegiatannya. Kuesioner yang disebar dalam penelitian ini sebanyak 100 kuesioner, . Dari 100 kuesioner, hanya 90 kuesioner yang kembali dan 3 kuesioner tidak layak untuk dianalisis karena pengisian yang tidak lengkap, jadi jumlah akhir kuesioner yang dapat dianalisis sebanyak 87 kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) koperasi yang aktif selama 5 tahun, (2) koperasi yang mau berpartisipasi dalam pengisian kuesioner. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah regresi linear berganda untuk menguji pengaruh Asset Specificity, Dual Identity, Prinsip Koperasi, Partisipasi Anggota terhadap Biaya Transaksi. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh dan signifikan baik secara parsial maupun simultan yang mengindikasikan bahwa hipotesis pertama H1, H2, H3, H4, H5 diterima dan menunjukkan pengaruh negatif, yang berarti semakin tinggi Asset Specificity, Dual Identity, Prinsip Koperasi, Partisipasi Anggota maka semakin rendah Biaya Transaksi. Sedangkan, Biaya Transaksi terhadap Keunggulan Kompetitif Koperasi diuji dengan analisis regresi linier sederhana, menghasilkan signifikansi 0,001 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa H6 diterima. Dengan arah koefisien negatif menunjukkan bahwa biaya transaksi yang rendah akan meningkakan keunggulan kompetitif koperasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Cost Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:06
Last Modified: 30 Mar 2017 07:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13235

Actions (login required)

View Item View Item