PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN STRATEGI BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Fajar M.H.W, Oki (2005) PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN STRATEGI BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0056 Oki Fajar M.H.W COVER.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0056 Oki Fajar M.H.W BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0056 Oki Fajar M.H.W BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0056 Oki Fajar M.H.W BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0056 Oki Fajar M.H.W BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0056 Oki Fajar M.H.W BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0056 Oki Fajar M.H.W DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0056 Oki Fajar M.H.W LAMPIRAN.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya setiap perusahaan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Salah satu faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam melaksanakan misinya dengan baik adalah adanya kerjasama (teamwork) yang baik di semua tingkat manajemen baik di tingkat pusat maupun di tingkat cabang, baik yang berada di dalam dan luar negeri. Untuk menjaga agar kerjasama yang baik (teamwork) tetap terjaga dengan baik, maka perlu peranan informasi yang sangat penting dalam membantu manajemen mencapai tujuan yang diharapkan. Informasi yang dipakai diperoleh baik dari dalam maupun luar perusahaan. Dengan demikian semua informasi baik dari dalam maupun luar, sama-sama memberikan kontribusi pada keputusan manajemen. Pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan merupakan gabungan dari pencapaian berbagai prestasi setiap tingkatan manajemen. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer tiap-tiap departemen yang ada pada bank umum cabang di kota Semarang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dimana penulis memilih sampel penelitian berdasarkan tujuan/target tertentu secara tidak acak. Dari 56 Kuesioner yang dikeluarkan ke bank-bank umum cabang di Semarang, sebagai sampel responden, kuesioner yang kembali dan memiliki data lengkap hanya 45, sedangkan 11 kuesioner tidak digunakan karena tidak kembali. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, sedangkan sumber datanya adalah data subyek yang diperoleh dari jawaban responden pada kuesioner yang dikirimkan langsung kepada bank-bank umum cabang di Semarang. Sebelum dilakukan analisa data, penulis melakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan bantuan SPSS. Dari hasil uji validitas tampak bahwa nilai r hitung > r tabel (0,294), maka instrumen variabel penelitian tersebut adalah valid. Untuk uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel penelitian adalah reliable karena nilai alphanya lebih dari 0,6. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Demikian juga ketidakpastian lingkungan dan strategi bisnis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Dimana pada ketidakpastian lingkungan yang tinggi, pengaruh informasi akuntansi akan semakin besar dalam menunjang kinerja perusahaan. Dan arah koefisien positif pada strategi bisnis menunjukkan dalam keadaan yang mengarah pada bentuk prospector, pengaruh informasi akuntansi akan sssemakin besar dalam menunjang kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:59
Last Modified: 30 Mar 2017 06:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item View Item