PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP STRUKTUR ORGANISASI MELALUI TEKNOLOGI KOMUNIKASI SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Semarang)

Rohayuningsih, Nita (2007) PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP STRUKTUR ORGANISASI MELALUI TEKNOLOGI KOMUNIKASI SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0049 Nita Rohayuningsih COVER.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0049 Nita Rohayuningsih BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0049 Nita Rohayuningsih BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0049 Nita Rohayuningsih BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0049 Nita Rohayuningsih BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0049 Nita Rohayuningsih BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0049 Nita Rohayuningsih DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Telah banyak penelitian yang mengkaji hubungan antara struktur organisasi dan teknologi informasi. Meskipun demikian berbagai penelitian tersebut tidak bisa memberikan bukti yang menyakinkan tentang pentingnya hubungan struktur organisasi dengan teknologi informasi (TI) guna mendesain ulang organisasi agar mampu menghadapi persaingan secara efektif. penelitian ini merumuskan seberapa jauh teknologi komunikasi sebagai variabel mediator (memperkuat) hubungan antara lingkungan dan struktur organisasi dalam persepsi manajer. Peneliti memakai variabel mediator terhadap teknologi komunikasi karena semakin besarnya kapasitas pembagian informasi yang mungkin dibuat melalui masuknya teknologi komunikasi, maka dibutuhkan akan tambahan informasi yang biasa diinterprestasikan maupun kebutuhan akan pembagian informasi yang lebih komplek dapat terpenuhi. Kebutuhan tersebut timbul dari semakin dinamis dan kompleknya lingkungan. Dalam penelitian ini obyek yang dipilih adalah perusahaan manufaktur di bidang industri makanan dan minuman yang ada di Semarang. Penelitian menggunakan kuesioner untuk memperoleh data dari responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh suatu hasil bahwa dari tiga variabel yang digunakan yaitu teknologi komunikasi sebagai variabel mediator, struktur organisasi yang terdiri dari formalisasi, kompleksitas, integrasi, sentralisasi sebagai variabel dependen dan lingkungan yang terdiri dari kedinamisan, kompleksitas sebagai variabel independen. Dari hasil keseluruhannya memnyakan bahwa tidak semua stuktur organisasi menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap teknologi komunikasi sebagai variabel mediator, tetapi terdapat satu variabel dependen yang menujukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap teknologi komunikasi sebagai variabel mediator yaitu sentralisasi struktur organisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:58
Last Modified: 30 Mar 2017 06:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

View Item View Item