PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI,SALING KETERGANTUNGAN,TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI SAM SCOPE DAN PENGARUH STRATEGI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SAM SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi di Semarang)

Mulyani, Shirly (2005) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI,SALING KETERGANTUNGAN,TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI SAM SCOPE DAN PENGARUH STRATEGI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SAM SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0025 Shirly Mulyani COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0025 Shirly Mulyani BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0025 Shirly Mulyani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0025 Shirly Mulyani BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0025 Shirly Mulyani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0025 Shirly Mulyani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0025 Shirly Mulyani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0025 Shirly Mulyani LAMPIRAN.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk melihat pengaruh teknologi informasi, saling ketergatungan terhadap kinerja manajerial melalui SAM scope dan pengaruh strategi terhadap kinerja manajerial dengan SAM sebagai variabel moderating. Dewasa ini persaingan di seluruh dunia usaha semakin ketat, para pelaku usaha tersebut senantiasa memerlukan informasi yang tepat dan akurat. Disinilah peranan teknologi informasi yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis secara cepat dan akurat. Tingkat saling ketergatungan yang tinggi akan menyebabkan kinerja manajerial yang ada didalam perusahaan menjadi semakin menurun. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat digunakan untuk mengurangi tingginya tingkat saling ketergatungan. Suatu strategi dikaitkan dengan keadaan ketidakpastian yang tinggi, dimana memerlukan pengendalian yang berbeda. Hal ini biasanya dihadapi oleh manajer ,dimana diperlukan suatu strategi yang tepat, dalam pengambilan keputusan menangani permasalahan yang diakibatkan ketidakpastian tersebut. Dengan adanya strategi yang tepat dan akurat, tentunya meningkatkan kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan SAM scope dan timeliness sebagai media pengantara. Dengan menggunakan dan menerapkan SAM scope dan timeliness yang tepat dan sesuai dengan kondisi perusahaan, maka diharapkan dapat menyediakan informasi yang dapat membantu mengurangi tingginya tingkat saling ketergatungan serta memilih strategi yang tepat, sehingga diharapkan kinerja manajerial perusahaan menjadi semakin meningkat. Populasi penelitian ini adalah manajer pada perusahaan asuransi di kota Semarang. Sampel penelitian adalah 52 manajer pada perusahaan asuransi yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun. Sementara data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian hipotesis menyatakan bahwa teknologi informasi memiliki pengaruh langsung yang lebih besar terhadap kinerja manajerialnya dibanding pengaruh tidak langsungnya dengan melalui SAM scope. Saling ketergatungan memiliki pengaruh langsung yang lebih besar terhadap kinerja manajerialnya dibanding pengaruh tidak langsungnya melalui SAM scope. SAM scope tidak menunjukkan sebagai variabel moderating pengaruh strategi terhadap kinerja manajerial. SAM timeliness menunjukkan sebagai variabel moderating pengaruh strategi terhadap kinerja manajerial. Jadi dapat disimpulkan bahwa keempat hipotesis diatas, yang diterima hanya satu yaitu interaksi antara strategi dan karakteristik SAM timeliness berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:54
Last Modified: 30 Mar 2017 06:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item View Item