PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR

JACKO, ANDREAS ROBIN (2016) PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko COVER.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko BAB IV.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko BAB V.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko BAB VI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.40.0036 Andreas Robin Jacko LAMPIRAN.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh musik klasik terhadap konsentrasi belajar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang berasal dari fakultas teknologi pertanian, fakultas psikologi, fakultas arsitektur dan disain, fakultas hukum dan komunikasi, serta fakultas ekonomi dan bisnis yang berjumlah 18 orang dan dengan rentang usia 18 – 22 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Design eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre and posttest with control group design dan dengan diberlakukannya random assignment dalam menentukan pembagian kelompok, antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan satu alat ukur yakni digit symbol test yang digunakan untuk mengukur kemampuan konsentrasi belajar dengan tingkat validitas 0.50 dan tingkat reliabilitas sebesar 0.90. Musik yang digunakan yakni “Wolfgang Amadeus Mozart 1999”. Hasil analisis diperoleh dengan menggunakan t-test, dengan hasil mean sebelum diberikan perlakuan (tanpa musik) menunjukan angka 67.56 dan setelah perlakuan (dengan musik) mean meningkat menjadi 75.33 Hasil perhitungan pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yakni sebesar 0.012. sedangkan pada kelompok kontrol menunjukkan tingkat signifikansi lebih besar dari 0.05 yakni sebesar 0.672. hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan musik terhadap konsentrasi belajar. Kata Kunci: Konsentrasi belajar, musik, digit symbol test

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning
700 Arts and Recreation > 780 Music
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:48
Last Modified: 30 Mar 2017 06:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item View Item