Pengetahuan Ibu Tentang Alat Permainan Edukatif dan Penggunaannya untuk Merangsang Perkembangan Anak Usia Pra-Sekolah

ARYANTI, YOSEFA ROSSELO DWI (2016) Pengetahuan Ibu Tentang Alat Permainan Edukatif dan Penggunaannya untuk Merangsang Perkembangan Anak Usia Pra-Sekolah. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti COVER.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti BAB III.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti BAB IV.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti BAB VI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.40.0002 Yosefa Rosselo Dwi Aryanti LAMPIRAN.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Usia anak-anak merupakan masa yang penting. Berdasarkan penelitian tiga pakar pendidikan anak, tingkat intelektualitas otak mengalami perkembangan sebanyak lima puluh persen ketika anak berusia empat tahun. Masa empat tahun ini sering disebut sebagai “golden age”. Pada tahap usia ini anak banyak belajar dari pengalaman yang ada di sekeliling mereka, baik dari orang-orang di sekitar sampai pada permainan yang ada. Tidak hanya aman saja, mainan yang dipilih ada baiknya bersifat edukatif. Permainan yang bersifat edukatif akan membantu perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang APE sebagai alat untuk merangsang perkembangan anak dan penggunaannya untuk merangsang perkembangan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif eksploratif. Subjek yang digunakan yaitu tiga orang ibu yang mempunyai anak berusia pra-sekolah, yaitu sekitar dua sampai enam tahun serta tingkat pendidikannya sarjana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipan. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu ada ibu yang sudah memiliki pengetahuan yang baik tentang perkembangan anak juga tentang APE, ada ibu yang sudah mengetahui tentang perkembangan anak dan penggunaan APE yang baik namun kurang memanfaatkan objek-objek di sekitar untuk lebih di modifikasi penggunaannya, dan ada ibu yang pengetahuannya tentang perkembangan anak serta APE masih kurang. Kata kunci : bermain, permainan, alat permainan edukatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Parenting
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:44
Last Modified: 30 Mar 2017 06:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

View Item View Item