HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI DENGAN CYBERBULLYING REMAJA

MAHESWARI, SEKAR PRABAYANI (2016) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI DENGAN CYBERBULLYING REMAJA. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari COVER.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.40.0206 Sekar Prabayani Maheswari LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan cyberbullying pada remaja. Teori mengungkapkan konformitas teman sebaya dan konsep diri merupakan faktor yang mempengaruhi cyberbullying. Hipotesis penelitian adalah (1) Ada hubungan antara konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan cyberbullying remaja”, (2) Ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan cyberbullying remaja; dan (3) Ada hubungan negatif antara konsep diri dengan cyberbullying remaja. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP 11 Kota Semarang, yang memiliki akun facebook dan aktif mengaksesnya minimal sekali dalam sehari, yang diperoleh secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah Skala Cyberbullying Remaja, Skala Konformitas Teman Sebaya, dan Skala Konsep Diri. Metode analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah (1) Ada hubungan antara konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan cyberbullying remaja; (2) Ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan cyberbullying remaja. Semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi cyberbullying remaja, dan sebaliknya; (3) Ada hubungan negatif antara konsep diri dengan cyberbullying remaja. Semakin positif konsep diri maka semakin rendah cyberbullying remaja, dan sebaliknya; (4) Konformitas teman sebaya dan konsep diri memberikan pengaruh terhadap cyberbullying remaja sebesar 26,2%. Kata kunci: cyberbullying, konformitas teman sebaya, konsep diri, remaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Conformity
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Concept
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:22
Last Modified: 10 Nov 2022 08:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item