KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING DAN ADMINISTRASI PT BPR RESTU ARTHA MAKMUR SEMARANG

SEPTIANA, BERTHA (2013) KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING DAN ADMINISTRASI PT BPR RESTU ARTHA MAKMUR SEMARANG. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.40.0047 Bertha Septiana COVER.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.40.0047 Bertha Septiana BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0047 Bertha Septiana BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0047 Bertha Septiana BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0047 Bertha Septiana BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text (BAB V Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0047 Bertha Septiana BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text (BAB VI Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0047 Bertha Septiana BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.40.0047 Bertha Septiana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara self efficacy dengan komitmen organisasi. Pengertian komitmen organisasi adalah derajat dimana karyawan percaya dan menerima tujuan-tujuan organisasi dan akan tetap tinggal atau tidak akan meninggalkan organisasi. Komitmen organisasi dipengaruhi beberapa hal, salah satu faktornya adalah dari dalam diri karyawan, yaitu karakteristik personal yang meliputi self efficacy. Salah satu faktor komitmen organisasi yaitu, faktor personal, yang mana didalam faktor tersebut salah satunya adalah self efficacy. Bandura menyatakan bahwa self efficacy menentukan apakah seseorang akan menunjukkan perilaku tertentu, sekuat apa seseorang dapat bertahan saat menghadapi kesulitan atau kegagalan, dan bagaimana kesuksesan atau kegagalan dalam satu tugas tertentu memengaruhi perilakunya di masa depan. Subyek dari penelitian ini adalah 40 orang karyawan bagian marketing dan administrasi PT BPR Restu Artha Makmur Semarang. Pengukuran komitmen organisasi menggunakan skala dengan aspek-aspek, yaitu kepercayaan dan penerimaan yang penuh atas nilai-nilai dan tujuan organisasi, keinginan untuk berusaha sekuat tenaga demi kepentingan organisasi, dan dorongan atau keinginan untuk mempertahankan diri agar tetap menjadi anggota perusahaan. Pengukuran self efficacy menggunakan skala self efficacy dengan aspek-aspek dari Corsini, yaitu kognitif, motivasi, afeksi dan seleksi. Hasil analisis data menunjukkan hipotesis yang diuji menggunakan Korelasi Product Moment, dapat diterima yang menyatakan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara self efficacy dengan komitmen organisasi. Hal ini ditunjukkan dengan r sebesar 0,427 dengan p <0,01. Sumbangan efektif self efficacy terhadap komitmen organisasi sebesar 18,2 %. y(1,2)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Rikarda Ratih
Date Deposited: 01 Sep 2015 14:15
Last Modified: 01 Sep 2015 14:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item