MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA PRA-SEKOLAH DENGAN GAME

PUTRANTO, DHIAN ADI (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA PRA-SEKOLAH DENGAN GAME. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
13.07.0070 Dhian Adi Putranto COVER.pdf

Download (938kB) | Preview
[img] Text
13.07.0070 Dhian Adi Putranto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
13.07.0070 Dhian Adi Putranto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
13.07.0070 Dhian Adi Putranto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
13.07.0070 Dhian Adi Putranto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
13.07.0070 Dhian Adi Putranto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
13.07.0070 Dhian Adi Putranto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Pada masa anak pra-sekolah yaitu usia 3-5 tahun, anak mengalami perkembangan kognitif yang cepat. Perkembangan kognitif anak selalu dikaitkan dengan kecerdasan pada anak. Anak usia 3-5 tahun membutuhkan stimulasi untuk menunjang perkembangan kognitif seperti mengenal huruf dan angka, serta menggambar sesuai pola. Stimulus tersebut dapat disampaikan dengan berbagai cara, yaitu salah satunya dengan game. Banyak orang yang masih menganggap bahwa game hanya sebagai media bersenang-senang. Sebenarnya game mempunyai manfaat lain seperti media pembelajaran. Salah satu game yang menjadi media pembelajaran untuk mengembangkan kognitif anak adalah game TEKADO. Game ini berisi materi stimulasi perkembangan kognitif seperti pengenalan huruf, angka, menggambar sesuai pola, dan menentukan jalan keluar pada labirin. Dari 30 orang tua yang anaknya telah mencoba game TEKADO, sebanyak 100% orang tua menilai game ini membantu anak mereka belajar dan merasa anak mereka mengalami peningkatan pada perkembangan kognitif anak setelah menggunakan game TEKADO. Sebanyak 83.3% dari 30 orang setuju bahwa materi pada game TEKADO sesuai dengan kebutuhan anak usia 3-5 tahun. Kata kunci : Edukasi, Game, Kognitif, Pra-sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:09
Last Modified: 30 Mar 2017 06:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13033

Actions (login required)

View Item View Item