EVALUASI PERLAKUAN AKUNTANSI TERHADAP PRODUK RUSAK YANG TIDAK LAKU DIJUAL DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Kasus Pada Perusahaan Tegel Electronic Gunung Ms Weleri)

KRISTIYANTI, CATHERINE (1999) EVALUASI PERLAKUAN AKUNTANSI TERHADAP PRODUK RUSAK YANG TIDAK LAKU DIJUAL DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Kasus Pada Perusahaan Tegel Electronic Gunung Ms Weleri). Other thesis, Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
93.60.0097 Chaterine Kristiyanti COVER.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
93.60.0097 Chaterine Kristiyanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB II)
93.60.0097 Chaterine Kristiyanti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB III)
93.60.0097 Chaterine Kristiyanti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
93.60.0097 Chaterine Kristiyanti BAB IV.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
93.60.0097 Chaterine Kristiyanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
93.60.0097 Chaterine Kristiyanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
93.60.0097 Chaterine Kristiyanti LAMPIRAN.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Tegel Electric Gunung Mas sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang merupakan pembLlatan Tegel. Pad a dasarnya perusahaan didirikan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang dilakukan, menjaga kontinuitas perusahaan dan mengembangkan usahanya. Berkembangnya perusahaan akan mempengaruhi peningkatkan mutu dan kualitas barang yang dihasilkan. Dalam yang rusak diperbaiki seCara meskipun mungkin kenaikan mempunyai Produk diproses, sehin jumlah prodLlk produksi secara dan dibeban'i Biaya tenaga kerja dan Perlakuan harga dapat timbul produk biaya pabrik. atau tidak dapat bai k, akan s etel "ll s od I ;sir ekLl J. al en ·.ma ti) lDiaya ';j'c",., Ll~ biay a • tergantung pada penyebab terjadinya produk rusak yaitu apakah produk rusak tersebut bersifat normal atau abnormal, dan apakah produk rusak yang terjadi laku dijual, atau produk rusak tidak laku clijual. Ada 2 perlakuan akuntansi prod uk rusak yang laku dijual yaitu : pertama produk rusak yang tidak dijual dan sifatnya normal, harga pokok prodLlk tidak laku rusak dibebankan pad a produk selesai yang dipindahkan ke gudang produk selesai atau ke departemen berikutnya, harga pokok produk selesai jumlahnya menjadi bertambah sedangkan Pad a perusahaan Tegel Eleetris Gunung Mas Weleri, produk rusak yang terjadi tidak laku dijual. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis meneoba mengevaluasi perlakuan akuntansi produk rusak yang tidak laku dijual. Dalam menghitung harga pokok produksi selama ini perusahaan Tegel Eleetris Gunung Mas Weleri belum memperlakukan produk rusak sebagai pengurang biaya produksi. Dengan demikian maka, harga pokok produksi menjadi lebih keeil dari yang seharusnya apabila produk rusak diikutsertakan dalam perhitungan harga pokok produksinya. Dengan adanya produk rusak maka harga pokoknya menjad i kenaikan sebesar Rp.5.899,774,Kembang dari Rp. produk proses produksi. Dalam diikutsertakan Berdasarkan disimpulkan pokok produksi a kan Penulis menghitung harga pokok produk rusak, karena roduk rusak menaikkan harga pokok produksi dan mengurangi laba akan diperoleh, dan meningkatkan pengawasan terutama bagian produksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 05:20
Last Modified: 30 Mar 2017 05:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item