EVALUASI PERLAKUAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Sentra Agung Mandiritama Semarang)

WAHYUDI, BERKAH (1998) EVALUASI PERLAKUAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Sentra Agung Mandiritama Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
93.60.0081 Berkah Wahyudi COVER.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
93.60.0081 Berkah Wahyudi BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
93.60.0081 Berkah Wahyudi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB III)
93.60.0081 Berkah Wahyudi BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
93.60.0081 Berkah Wahyudi BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB V)
93.60.0081 Berkah Wahyudi BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
93.60.0081 Berkah Wahyudi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

pQ1WAll uaalta jua lruruportaSl dCW8S8 lui leJoh lumbuh mcnjodi boglan yang tidak dapal lerpisahkan dalam em pembangunan. Perusahaan j... tmnsporta.i dalam melak.onoksn kegialanDya lidak dapal lepa! dari penggunnan aktiva letap, sehingga memerlukan investasi dalam aktiv. letap yang cukup besar. Peraoan aktiv. letap dalam mendukung kegialan opemsional perusalIB8n cukup beS!lr. Oleh karena ilu kelepalan oW petlakuan akun\aru:i aktiva letap akan berpeDgaruh JlIBlerial. Kclalaian dalam perlakuan akun\aru:i seperti misalnya, kapitalisasi oW harga perolebnn dan biaya selanm rna .. penggunaan serta penYUsulan akan mempengaruhi kewojanm lapomn keuangllll. PT. Scntm Agung Mandirilama yang bergemk dalam usaha j ... tmnsportasi memiliki aktiva lolap dalam jumlah yang cukup untuk mendulrung kegialan ope:msionalnyo. Perusahaan memperlakukan ~mlel~ 1)18 idlubun,tan d~gan aktivo Ielap yang tidak seswu deDSaD Stand&"'AkuntliiSl Keuangan • k .. olobaD memper1akukan pengeluamn biaya s 11l!"Olehan dati selanm masa aktiw letap, sehingga mempengaruhi kew'liamn lapomn ke PCfUSahaan D ' . dopal disimpulkan pokok permasnWmn : B.gainraoakob rumusan ~ aktiva Imp PT. Scntm Agung M'aiIdiritama yang \qIot dan bsgaimanakah k ... lahan \arBebul lerbadap ~eT Penelitino ini ditujukan merumusknn otun\ansi ~ letall yiwg \epal ,esuai dengan Slandar \ansi Keuangan ~gambaIan ~. ~::'.!:s~ akuntans rvo l. laP , YIID& (lilera,pknn dllh pet11SAjSn I ' P Betdosarknn data yan 'pe'role dan kajiao ""'iii. Y"'lll cukup,d pal di.~pulkan ~wo kebijaks~akunlansl.lI{tivLle\a yang ~j.fupkan ~ yakni tidak dikaPltalisaslDYO bayn lSya lain yang~e\ . sebub~~.d~~ perolebnn dan ... 1 penggunarul aktiv. yang mEm~ m80faat lebib'dlui I (!latu) periode akuo\ansi menyehabkan nilai ''la-Ielap yang diealal dalam ea lerlalu rendah, biaya adm;njstml'li dan umum ~ti -t u~ pen: tan dicalal lerWu reodab sehinggo laha bersih periode belj~an . . Herlalu rendab sebinsso laha bersih period. beljalan dieatal lerlalu lendab sebesar selisih dari biaya-biayo lersebu( deng"" lambahan bioya peDyusutan akihal adaDy. kspitalisasi. KesaWian perlakuan akuntaruJi aktiva tetap tcrsebut memerlulmn korekai agar laporan keunngan yang disajikan monjsdi w.jar yang meliputi, koreksi QIDs oil.i perole\taD aktiv. letap, korekai QW biaya .d.mini,trnsi dan umum, koreksi atas bi.ya penyusutan, koreksi aIDs laha tahun-tahun Wu, dan koreksi atas laba bersih pc,iode berjalan. BnhW8 kewajaran ntas lnporan keuangan snngot dipe.rluknn untuk dnpal mengbasilkan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi sejumlab beaar pemokaj dalam pengambilao keputu,an. Oleh kareoa itu perusahaan heodaknya meoempkan kebijaksanaan akuotnnsi aktiva tetap yang sesuai dengan StAndar Akuntansi Keuangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Financial reports
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 05:05
Last Modified: 30 Mar 2017 05:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item View Item