PENILAIAN EKONOMISASI, EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN MELALUI AUDIT MANAJEMEN (Studi Kasus Pada PT. Santos Jaya Abadi Kantor Cabang Tegal)

CHRISTIANA, STEFFI (2010) PENILAIAN EKONOMISASI, EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN MELALUI AUDIT MANAJEMEN (Studi Kasus Pada PT. Santos Jaya Abadi Kantor Cabang Tegal). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.60.0103 Steffi Christiana COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.60.0103 Steffi Christiana BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (BAB II)
06.60.0103 Steffi Christiana BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (BAB III)
06.60.0103 Steffi Christiana BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB IV)
06.60.0103 Steffi Christiana BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB V)
06.60.0103 Steffi Christiana BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.60.0103 Steffi Christiana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
06.60.0103 Steffi Christiana LAMPIRAN.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai keekonomisan, efisiensi, dan efektivitas kegiatan penjualan PT. Santos Jaya Abadi Tegal. Berdasarkan pada hasil perhitungan dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka kesimpulannya adalah: (1) Kegiatan penjualan PT. Santos Jaya Abadi Tegal belum berjalan dengan efisien. Hal ini dapat dilihat dari : nilai negatif pada rasio efisiensi dan hasil jawaban kuesioner juga didukung dengan rencana penjualan yang cukup realistis, laba yang dicapai tidak dihitung berdasarkan prosentase tertentu, kurangnya uraian tugas, tidak ada evaluasi biaya penjualan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan kurangnya pengendalian anggaran biaya penjualan. (2) Kegiatan penjualan PT. Santos Jaya Abadi Tegal sudah berjalan dengan cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari : nilai selisih SLBPS dan SVP yang positif dan hasil jawaban kuesioner juga jika dikaitkan dengan hasil jawaban kuesioner juga didukung dengan jawaban yang konsisten untuk sistem pengendalian yang efektif dalam penjualan, adanya anggaran biaya penjualan diperinci menurut daerah pemasaran dan produk, rencana penjualan jelas dan tertulis, adanya target penjualan secara terperinci. (3) Kegiatan penjualan PT. Santos Jaya Abadi Tegal sudah berjalan dengan cukup ekonomis. Hal ini dapat dilihat dari nilai harga jual dan harga pokok yang lebih rendah daripada pesaing, serta jumlah produk cacat yang masih dalam batas toleransi perusahaan. Jika dikaitkan dengan hasil jawaban kuesioner juga didukung dengan jawaban konsisten untuk tingkat keuntungan yang selalu dipertahankan dan ditingkatkan. Tetapi meskipun demikian untuk nilai produk cacat melebihi standar teori yaitu 9% > 5% maka masih belum ekonomis ditinjau dari produk cacatnya. Dengan demikian karena telah ekonomis dan belum ekonomis, kesimpulannya adalah kegiatan penjualan cukup ekonomis pada PT. Santos Jaya Abadi. Jika dikaitkan dengan aplikasi pada perusahaan, maka dapat diketahui bahwa kegiatan penjualan PT. Santos Jaya Abadi Tegal belum berjalan efisien karena volume target terlalu besar, cukup efektif karena target penjualan telah terperinci, adanya komponen SPI yang diterapkan dengan baik, serta komunikasi antara atasan dengan bawahan yang baik, review kinerja dilakukan sebulan sekali, serta adanya koreksi pembenaran jumlah nominal penjualan yang salah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
> 650 Management > 657 Accounting > Auditing
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 Oct 2016 06:15
Last Modified: 12 Oct 2016 06:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11915

Actions (login required)

View Item View Item