PELAKSANAAN PELATIHAN DAN PENCAPAIAN UJI KOMPETENSI PENATA LAKSANA RUMAH TANGGA YANG AKAN BEKERJA DI LUAR NEGERI (Studi Kasus Pada PT. ARNI FAMILY)

SUNARTI, SRI (2016) PELAKSANAAN PELATIHAN DAN PENCAPAIAN UJI KOMPETENSI PENATA LAKSANA RUMAH TANGGA YANG AKAN BEKERJA DI LUAR NEGERI (Studi Kasus Pada PT. ARNI FAMILY). Masters thesis, Magister Manajemen Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.90.0019 Sri Sunarti COVER.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.90.0019 Sri Sunarti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
10.90.0019 Sri Sunarti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
10.90.0019 Sri Sunarti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text (BAB IV)
10.90.0019 Sri Sunarti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB V)
10.90.0019 Sri Sunarti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.90.0019 Sri Sunarti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
10.90.0019 Sri Sunarti LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang pelatihan dan uji kompetensi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terdaftar di PT. Arni Family (PT. AF) Ungaran. Tenaga kerja yang direkrut adalah wanita yang dipekerjakan disektor informal, yaitu sebagai Pembantu Rumah Tangga atau Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT). PT. AF menjadi pengerah tenaga kerja ke Singapura, Malaysia, Hongkong dan Taiwan. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui tanggapan responden tentang pelatihan TKI di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) PT. AF. (2) untuk mengetahui tanggapan responden tentang pelaksanaan uji kompetensi, dan (3) untuk mengetahui pencapaian uji kompetensi di PPTKIS PT. AF. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya, artinya penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numeric (angka), untuk memberikan deskripsi dan analisis tentang pelaksanaan pelatihan dan pencapaian uji kompetensi CTKI pada PPTKIS PT. AF Ungaran. Obyek penelitiannya adalah para TKI yang akan bekerja ke luar negeri, yang terdaftar di PT. AF. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling, dengan total sampel 98 orang calon TKI. Data dalam penelitian ini berupa data primer, dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner dan wawancara, dan istrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini, Rata-rata tanggapan responden tentang pelatihan di BLKLN PT.AF adalah 3.88 yang termasuk dalam kategori baik. Karena CTKI dapat mendemonstrasikan keterampilan, pengetahuan yang di dapat selama mengikuti pelatihan di BLKLN PT.AF. Rata-rata tanggapan responden tentang pelaksanaan Uji Kompetensi adalah 3.99 dengan kategori baik. Hal ini dikarenakan CTKI menguasai materi ujian, sehingga CTKI bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diujikan dengan baik. Pencapaian Uji Kompetensi pada tabel 4.11 dapat dilihat bahwa persentase jumlah CTKI yang Belum Kompeten (BK) perbulan selama periode tahun 2010 sampai tahun 2014 terus mengalami penurunan dari 9% pada tahun 2010 menjadi 4% pada tahun 2014. Prosentase tingkat kelulusan uji kompetensi berada pada kategori baik, karena prosentase tingkat kelulusan perbulan diatas 90% walaupun masih ada prosentase tingkat kelulusan yang dibawah 90% yaitu 89% pada bulan agustus tahun 2013, namun masih termasuk dalam kategori baik. Berarti pelatihan yang diberikan oleh PT.AF semakin sesuai dengan materi pelatihan yang diujikan, sehingga semakin banyak pula CTKI yang dinyatakan kompeten setelah mengikuti uji kompetensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Promotion and evaluation
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:20
Last Modified: 18 Jan 2023 08:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

View Item View Item