PELAKSANAAN POSYANDU LANSIA DALAM UPAYA PEMENUHAN PELAYANAN KESEHATAN DAN HAK ASASI LANSIA DI DESA SEREN KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO

KUSUMA, ANITA DESY (2016) PELAKSANAAN POSYANDU LANSIA DALAM UPAYA PEMENUHAN PELAYANAN KESEHATAN DAN HAK ASASI LANSIA DI DESA SEREN KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO. Masters thesis, Magister Hukum Kesehatan Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.93.0063 Anita Desy Kusuma COVER.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
13.93.0063 Anita Desy Kusuma BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
13.93.0063 Anita Desy Kusuma BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB III)
13.93.0063 Anita Desy Kusuma BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV)
13.93.0063 Anita Desy Kusuma BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.93.0063 Anita Desy Kusuma DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.93.0063 Anita Desy Kusuma LAMPIRAN.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya derajat kesehatan dan kesejahteraan penduduk berpengaruh terhadap peningkatan usia harapan hidup yang mengakibatkan jumlah penduduk lanjut usia bertambah. Pemerintah wajib menjamin ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan lanjut usia paling dasar di tingkat masyarakat yaitu pos pelayanan terpadu lanjut usia (posyandu lansia). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemenuhan pelayanan kesehatan dan hak asasi lansia dalam memperoleh kebutuhan pelayanan kesehatan, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan posyandu lansia, serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitik. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara kepada seorang Kepala Puskesmas, seorang bidan, enam kader posyandu, 18 lanjut usia sedangkan observasi dilakukan pada enam posyandu di desa Seren. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen resmi, buku-buku dan jurnal penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan pelayanan kesehatan dan hak asasi lansia di posyandu lansia desa Seren belum seluruhnya terpenuhi, sedangkan pelaksanaan posyandu lansia sudah berjalan namun belum sesuai standar. Faktor pendukung yang mempengaruhi adalah fasilitas kesehatan, sarana prasarana, kebijakan pemerintah dan ketersedian sumber daya manusia. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pengetahuan lansia yang rendah, jarak rumah yang jauh, kurangnya dukungan keluarga, sikap petugas yang kurang baik serta dana dan peraturan pelaksanaan posyandu belum ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:06
Last Modified: 18 Oct 2022 01:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item