INOVASI TEKNIK PEWARNAAN CANGKIR MENGGUNAKAN AIRBRUSH

Deviana, Anastasia (2016) INOVASI TEKNIK PEWARNAAN CANGKIR MENGGUNAKAN AIRBRUSH. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.30.0124 Anastasia Deviana COVER.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.30.0124 Anastasia Deviana BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB II)
10.30.0124 Anastasia Deviana BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB III)
10.30.0124 Anastasia Deviana BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB IV)
10.30.0124 Anastasia Deviana BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text (BAB V)
10.30.0124 Anastasia Deviana BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.30.0124 Anastasia Deviana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
10.30.0124 Anastasia Deviana LAMPIRAN.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah diawali dengan adanya permasalahan teknik pewarnaan cangkir yang masih terbatas, maka peneliti memiliki ide untuk membuat desain cangkir menggunakan teknik pewarnaan airbrush. Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses terciptanya incremental innovation teknik pewarnaan cangkir menggunakan airbrush ? Hasil penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi: Pelaku Usaha, Investor, dan Pembaca. Landasan teori yang digunakan adalah: Pengertian Kewirausahaan, Pengertian Inovasi, Jenis- Jenis Inovasi, Proses Inovasi, Teknik-Teknik Pewarnaan pada Cangkir, Teknik Pewarnaan Airbrush . Definisi operasional dalam penelitian ini adalah penjelasan terhadap tahap-tahap inovasi yang meliputi: Pencarian ide, Identifikasi peluang, Evaluasi ide, Pengembangan, dan Komersialisasi. Objek penelitian ini adalah pihak hotel, bank, dan kafe yang ada di Semarang.Populasi penelitian ini adalah pihak hotel, bank, dan kafe yang ada di Semarang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, hingga didapatkan 9 orang responden. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari studi pustaka yang dilakukan peneliti dengan sumber dokumentasi seperti foto dan informasi di website. Sedangkan data primer diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian ini adalah tahapan dalam proses inovasi sebagai berikut: (1) Tahap Idea Generation/Pencarian Ide, Menurut peneliti proses mendapatkan ide inovasi teknik pewarnaan cangkir menggunakan airbrush diawali dengan melihat keindahan seni airbrush yang umumnya dilakukan pada body mobil, body motor, helm, korek, dan dinding. Menurut semua responden belum pernah ada inovasi teknik pewarnaan cangkir menggunakan airbrush dan semua responden tertarik untuk membeli jika produk ada di pasaran. Dengan demikian inovasi teknik pewarnaan cangkir menggunakan airbrush bisa dikembangkan. (2) Tahap Opportunity Recognition/Identifikasi Peluang, tahap ini responden mayoritas memilih desain custom dan pilihan kedua desain pemandangan. Jika ide produk akan diimplementasikan secara nyata responden memberikan beberapa masukan. (3) Tahap Idea Evaluation/Evaluasi Ide, berdasarkan jawaban peneliti inovasi teknik pewarnaan bisa diimplementasikan secara nyata karena alat dan bahan untuk pembuatan tersedia di pasaran dan tenaga kerja ada. Selain itu, berdasarkan desain yang paling peneliti akan mengambil keputusan mengembangkan 2 desain yang paling banyak dipilih responden, yaitu cangkir desain custom dan pemandangan dengan mempertimbangkan masukan responden pada tahap identifikasi peluang. Berdasarkan keuntungan yang dihasilkan, maka proyek pembuatan ide inovasi teknik pewarnaan airbrush pada cangkir bisa diimplementasikan.(4) Tahap Development/Pengembangan, dalam tahap ini pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan untuk peneliti. Alternatif yang dipilih untuk dikembangkan adalah cangkir dengan desain custom dan kemasan berbentuk box adalah alternatif yang akan dikembangkan. Dari aspek harga jual, harga jual produk hasil inovasi adalah antara Rp 150.000 – Rp 200.000. (5) Tahap Commercialization/Komersialisasi, responden menyatakan bahwa pemasaran online dan penawaran langsung kepada target market adalah cara yang tepat untuk memasarkan produk hasil inovasi. Selain itu, responden menyatakan bahwa target market lain selain yang sudah ada adalah pasar komunitas hobi. Saran yang bisa diberikan adalah bagi: Pelaku Usaha, Investor, dan Pembaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management
> 670 Manufacturing
> 680 Manufacture for specific uses
700 Arts and Recreation > 740 Drawing and decorative arts
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 04 Oct 2016 03:46
Last Modified: 04 Oct 2016 03:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item