PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA SMA YANG BERMAIN MUSIK DAN TIDAK BERMAIN MUSIK

Kristian, Angga (2016) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA SMA YANG BERMAIN MUSIK DAN TIDAK BERMAIN MUSIK. Other thesis, Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.40.0138 Angga Kristian COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.40.0138 Angga Kristian BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB II)
10.40.0138 Angga Kristian BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB III)
10.40.0138 Angga Kristian BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB IV)
10.40.0138 Angga Kristian BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB V)
10.40.0138 Angga Kristian BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB VI)
10.40.0138 Angga Kristian BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.40.0138 Angga Kristian DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
10.40.0138 Angga Kristian LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara siswa SMA yang bermain musik dan siswa SMA yang tidak bermain musik. Hipotesis penelitian ini adalah kecerdasan emosi siswa yang bermain musik lebih tinggi daripada siswa yang tidak bermain musik. Penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosi dengan aspek yang terdiri dari perceive emotion, faciliating cognition, understand emotion dan manage emotion. Populasi diambil melalui cara purposive sampling serta melihat kesesuaian subyek dengan kriteria penelitian. Jumlah subyek sebanyak 64 orang, terdiri dari siswa bermain musik 36 orang dan siswa non musik 28 orang. Penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosi. Perhitungan penilitian menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan sangat signifikan antara siswa bermain musik dengan siswa yang tidak bermain musik dimana siswa yang bermain musik memiliki kecerdasan emosi yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak bermain musik. Hal ini ditunjukkan dari nilai t = 9.113 dengan p < 0,01. Maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:37
Last Modified: 04 Oct 2016 02:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item