Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kesempatan Bertumbuh, Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Jumlah Dividen Tunai dengan Likuiditas Sebagai Variabel Pemoderasi

Sasanti, Gita Novira (2016) Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kesempatan Bertumbuh, Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Jumlah Dividen Tunai dengan Likuiditas Sebagai Variabel Pemoderasi. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.60.0148 Fatima Wynona Putrissar COVER.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.60.0148 Fatima Wynona Putrissar BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB II)
12.60.0148 Fatima Wynona Putrissar BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB III)
12.60.0148 Fatima Wynona Putrissar BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB IV)
12.60.0148 Fatima Wynona Putrissar BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB V)
12.60.0148 Fatima Wynona Putrissar BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.60.0148 Fatima Wynona Putrissar DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.60.0148 Fatima Wynona Putrissar LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai perbedaan pengaruh profitabilitas, kesempatan bertumbuh, leverage, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap jumlah dividen tunai antara perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan rendah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2012 sampai dengan 2014 yang membagikan dividen dan memiliki data lengkap untuk variabel penelitian. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda menggunakan program SPSS. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, kesempatan bertumbuh, leverage, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah jumlah dividen tunai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh positif profitabilitas terhadap dividen tunai antara perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan perusahaan yang memiliki likuiditas rendah. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa likuiditas mampu menjadi variabel yang mempengaruhi hubungan positif profitabilitas dengan dividen tunai. Ada perbedaan pengaruh negatif leverage dan kepemilikan institusional terhadap dividen tunai antara perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan perusahaan yang memiliki likuiditas rendah. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa likuiditas mampu menjadi variabel yang mempengaruhi hubungan negatif leverage dan kepemilikan institusional dengan dividen tunai. Tidak ada perbedaan pengaruh negatif kesempatan bertumbuh dan kepemilikan manajerial terhadap dividen tunai antara perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan perusahaan yang memiliki likuiditas rendah. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa dalam hal ini likuiditas tidak mampu menjadi variabel yang mempengaruhi hubungan negatif kesempatan bertumbuh dan kepemilikan manajerial dengan dividen tunai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 03 Oct 2016 10:13
Last Modified: 03 Oct 2016 10:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item