Pengaruh Insentif Pajak dan Insentif Non Pajak Terhadap Manajemen Laba Saat Terjadi Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Hamijaya, Marselina (2016) Pengaruh Insentif Pajak dan Insentif Non Pajak Terhadap Manajemen Laba Saat Terjadi Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.60.0004 Marselina Hamijaya COVER.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.60.0004 Marselina Hamijaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB II)
12.60.0004 Marselina Hamijaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
12.60.0004 Marselina Hamijaya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB IV)
12.60.0004 Marselina Hamijaya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB V)
12.60.0004 Marselina Hamijaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.60.0004 Marselina Hamijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
12.60.0004 Marselina Hamijaya LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penurunan tarif pajak penghasilan badan di Indonesia yang diatur dalam UU No.36 Tahun 2008 memberikan keuntungan bagi perusahaan yaitu memperoleh keringanan beban pajak yang harus dibayar perusahaan. Namun, di sisi lain adanya penurunan tarif pajak penghasilan badan tersebut menimbulkan sikap oportunis manajer untuk melakukan manajemen laba agar perusahaan dapat menghemat beban pajak yang harus dibayar. Manajer akan mengatur jumlah laba yang dilaporkan agar beban pajak yang dibayarkan tidak memberatkan perusahaan. Tindakan manajemen laba tersebut dipengaruhi oleh insentif pajak dan insentif non. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah insentif pajak dan insentif non pajak berpengaruh terhadap manajemen laba dan apakah penurunan tarif pajak penghasilan badan berpengaruh terhadap manajemen laba. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008 sampai 2010. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dan uji beda independent t-test. Variabel independen dalam penelitian ini adalah insentif pajak yang terdiri dari perencanaan pajak, beban pajak tangguhan dan aktiva pajak tangguhan; insentif non pajak yang terdiri dari earnings pressure, tingkat hutang, earnings bath, dan ukuran perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba saat terjadi penurunan tarif pajak penghasilan badan dipengaruhi secara signifikan oleh beban pajak tangguhan, earnings pressure, tingkat hutang, ukuran perusahaan, dan earnings bath serta penurunan tarif pajak penghasilan badan terbukti berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan perencanaan pajak dan aktiva pajak tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management
> 650 Management > 657 Accounting
> 650 Management > 657 Accounting > Government Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 03 Oct 2016 09:33
Last Modified: 03 Oct 2016 09:33
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item