JENIS, PERSEPSI DAN PERILAKU DIET UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN BEBERAPA DOSEN DAN KARYAWAN UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA

ARIANTI, FELISITAS NINDI (2016) JENIS, PERSEPSI DAN PERILAKU DIET UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN BEBERAPA DOSEN DAN KARYAWAN UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA. Other thesis, PRODI TEKNOLOGI PANGAN UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.70.0110 Felisitas Nindi Arianti COVER.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.70.0110 Felisitas Nindi Arianti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB II)
11.70.0110 Felisitas Nindi Arianti_2 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
11.70.0110 Felisitas Nindi Arianti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text (BAB IV)
11.70.0110 Felisitas Nindi Arianti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB V)
11.70.0110 Felisitas Nindi Arianti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.70.0110 Felisitas Nindi Arianti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.70.0110 Felisitas Nindi Arianti LAMPIRAN.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Kelebihan berat badan merupakan dampak dari konsumsi energi yang berlebihan yang disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Perilaku mengkonsumsi makanan yang tidak sehat terutama junk food dan mengandung bahan kimia akan berpengaruh pada menurunnya status kesehatan serta kegemukan. Saat ini pola hidup sehat dijadikan gaya hidup yang sangat memperhatikan olahraga dan pola makan dengan menerapkan diet. Diet sehat, seimbang, dan bergizi disesuaikan dengan kebutuhan individu khusus untuk mencapai kesehatan yang optimal. Diet terdiri dari aturan bagaimana cara untuk memodifikasi asupan makanan yang dikonsumsi untuk penurunan asupan energi dan berat badan dalam menjaga kecukupan nutrisi. Dalam penelitian ini, penentuan responden dengan metode snowball sampling. Yang menjadi responden adalah dosen dan karyawan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method yaitu kombinasi antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur. Sebagian besar responden mengenal program diet yang mereka jalankan dari berbagai sumber, contohnya dari media elektronik seperti televisi yang menayangkan acara-acara tentang kesehatan, internet dan tabloid kesehatan/buku yang memberikan informasi-informasi tentang program diet. Dalam penelitian ini, diet yang diterapkan oleh responden yaitu, low-carbohydrate diet, low-fat diet, diet golongan darah B, semi-vegetarian dan food combining. Diri sendiri merupakan motivasi terpenting dalam menjalani diet. Terdapat banyak manfaat dari penerapan program diet seperti berat badan turun, tidak mudah sakit dan tubuh menjadi lebih ringan dan nyaman dalam menjalankan aktivitas.mudah sakit dan tubuh menjadi lebih ringan dan nyaman dalam menjalankan aktivitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Life Style
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 03 Oct 2016 05:22
Last Modified: 16 Aug 2022 05:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item View Item