PENGARUH TERAPI GERAKAN TARI DALAM MENURUNKAN HIPERAKTIVITAS ANAK ADHD

Dani, Robik Anwar (2016) PENGARUH TERAPI GERAKAN TARI DALAM MENURUNKAN HIPERAKTIVITAS ANAK ADHD. Masters thesis, Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.42.0003 Robik Anwar Dani COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
13.42.0003 Robik Anwar Dani BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB II)
13.42.0003 Robik Anwar Dani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
13.42.0003 Robik Anwar Dani BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB IV)
13.42.0003 Robik Anwar Dani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13.42.0003 Robik Anwar Dani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.42.0003 Robik Anwar Dani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.42.0003 Robik Anwar Dani LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi gerakan tari dalam menurunkan hiperaktivitas anak ADHD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kasus tunggal dengan A-B-A multiple baseline design across subjects. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga anak dengan rentang usia tujuh sampai dengan delapan tahun, bersekolah di SD inklusif di Semarang, yang telah didiagnosis mengalami ADHD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan checklist perilaku hiperaktif. Pengukuran dilakukan pada saat baseline satu, intervensi, dan baseline dua. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan within subject t-test. Hasil analisis data menunjukkan adanya penurunan skor hiperaktivitas pada ketiga subjek demikian pula hasil within subject t-test juga menunjukkan bahwa thit lebih besar dari ttab (thit = 12,58 > ttab(α=0,01) = 9,925). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi gerakan tari dapat menurunkan hiperaktivitas anak ADHD

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Abnormal Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:25
Last Modified: 29 Sep 2016 07:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item