COGNITIVE BEHAVIORAL PLAY THERAPY DENGAN TEKNIK “BEAT THE CLOCK” UNTUK MENINGKATKAN ATENSI PADA ANAK ADHD

Saraswati, Yulia Dwi (2016) COGNITIVE BEHAVIORAL PLAY THERAPY DENGAN TEKNIK “BEAT THE CLOCK” UNTUK MENINGKATKAN ATENSI PADA ANAK ADHD. Masters thesis, Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.92.0042 Yulia Dwi Saraswati COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.92.0042 Yulia Dwi Saraswati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB II)
12.92.0042 Yulia Dwi Saraswati BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (BAB III)
12.92.0042 Yulia Dwi Saraswati BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB IV)
12.92.0042 Yulia Dwi Saraswati BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (BAB V)
12.92.0042 Yulia Dwi Saraswati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.92.0042 Yulia Dwi Saraswati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.92.0042 Yulia Dwi Saraswati LAMPIRAN.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik “Beat the Clock” yang didasarkan pada Cognitive Behavioral Play Therapy (CBPT) dapat meningkatkan durasi atensi pada anak yang mengalami Attention Deficit and Hiperactivity Disorder (ADHD). Hipotesis penelitian ini adalah Cognitive- Behavioral Play Therapy dengan teknik “Beat the Clock” dapat meningkatkan atensi pada anak ADHD. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan tipe desain A-B-Follow Up. Subjek penelitian ini adalah dua orang anak laki-laki berusia sekolah yang telah terdiagnosa ADHD dengan IQ diatas rata-rata. Hasil penelitian ini adalah Cognitive Behavioral Play Therapy dengan teknik “Beat the Clock” dapat meningkatkan atensi pada kedua subjek anak ADHD. Hasil ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata durasi atensi yang diamati secara visual pada grafik sejak tahap baseline, intervensi dan follow up.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:21
Last Modified: 29 Sep 2016 07:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11539

Actions (login required)

View Item View Item