ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER PADA TOKO BUDI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)

Wijaya, Erffan (2011) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER PADA TOKO BUDI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
07.60.0129 Erffan Wijaya COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB I)
07.60.0129 Erffan Wijaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (BAB II)
07.60.0129 Erffan Wijaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (BAB III)
07.60.0129 Erffan Wijaya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (BAB IV)
07.60.0129 Erffan Wijaya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07.60.0129 Erffan Wijaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.60.0129 Erffan Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Saat ini semua orang sadar bahwa sistem informasi berbasis komputer menjadi suatu hal yang primer bagi kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan informasi. Berbagai bidang telah menggunakan sistem informasi berbasis komputer untuk membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Mulai dari lembaga pemerintahan, industry, perbankan, sehingga dalam kehidupan rumah tangga telah menggunakan teknologi komputer tersebut. Toko Budi merupakan toko kelontong yang menjual barang dagang dari berbagai supplier yang kemudian dijual lagi ke pelanggan yang membutuhkan. Pada Toko Budi sistem akuntansinya masih menggunakan sistem manual, sehinga dalam pembukuannya masih terjadi kesalahan – kesalahan dalam pencatatan maupun perhitungan. Melihat hal ini tentunya akan merugikan pemilik toko maupun karyawan dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan tersebut. Jelas dari segi waktu, dan tenaga, proses pencatatan butuh waktu lama. Untuk mengetahui laporan pembelian, penjualan dan persediaan pastinya membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya. Kesalahan yang sering terjadi seperti tidak cocoknya pencatatan dan masuknya barang saat pembelian dengan yang ada di gudang. Dalam penelitian ini, penulis merancang suatu sistem informasi akuntansi dengan metode Rapid Application Development (RAD) untuk dapat menghasilkan suatu prototype sistem yang sesuai dengan kebutuhan Toko Budi. Dengan prototype tersebut, penulis berusaha untuk membantu Toko Budi dalam mengoperasikan usahanya dengan meminimalis kesalahan yang ada, waktu dalam pengerjaan dan juga memberi kemudahan bagi pemakai jenis pemprograman berorientasi atau berjalan dalam lingkungan dengan menggunakan bantuan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft Office Access. Kata kunci: Rapid Application Development, sistem informasi akuntansi. Prototype, Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft Office Access.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:10
Last Modified: 29 Sep 2016 02:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item View Item