Analisis Efektivitas Pajak Reklame Berdasarkan Potensi Pajak Reklame Kabupaten Wonosobo Tahun 2005 – 2014

Brata, Daniel Wisnu (2016) Analisis Efektivitas Pajak Reklame Berdasarkan Potensi Pajak Reklame Kabupaten Wonosobo Tahun 2005 – 2014. Diploma thesis, PROGDI PERPAJAKAN UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.31.0019 Daniel Wisnu Brata COVER.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.31.0019 Daniel Wisnu Brata BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB II)
11.31.0019 Daniel Wisnu Brata BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
11.31.0019 Daniel Wisnu Brata BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB IV)
11.31.0019 Daniel Wisnu Brata BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB V)
11.31.0019 Daniel Wisnu Brata BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.31.0019 Daniel Wisnu Brata DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Pajak reklame adalah pajak yang dikenakan atas penyelenggaraan reklame. Pajak reklame merupakan salah satu komponen dari pajak daerah di Kabupaten Wonosobo dan sistem pemungutannya bersifat official assessment system dengan pengenaan tarif pajak sebesar 25% dikalikan dengan Nilai Sewa Reklame. Beberapa tahun terakhir, laju perekonomian Kabupaten Wonosobo semakin berkembang dan beragam. Dengan banyaknya para pelaku usaha yang menyelenggarakan reklame tentunya terdapat potensi pajak yang dapat digali oleh pemerintah, yaitu dengan cara memungut pajak reklame. Tujuan penulisan tugas akhir ini untuk mengetahui perkembangan pajak reklame di Kabupaten Wonosobo, kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah maupun pendapatan asli daerah, efektivitas penerimaan, potensi pajak reklame, tingkat optimalisasi, dan faktor pendukung dan penghambat optimalisasi pemungutan pajak reklame. Metode yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil analisis menyimpulkan bahwa perkembangan pajak reklame terjadi peningkatan dari tahun ke tahun baik target maupun realisasinya, kontribusi pajak reklame baik terhadap pajak daerah maupun pendapatan asli daerah cenderung fluktuatif dan cukup kecil, efektivitas penerimaan dinilai efektif mencapai 123,74%, potensi pajak yang dimiliki cukup besar namun belum tergali secara optimal, tingkat optimalisasi pemungutan dinilai cukup efektif mencapai 85,19%. Kesimpulan yang dapat diambil ialah masih banyak potensi pajak yang belum tergali dan dibutuhkan langkah yang tepat terkait dengan optimalisasi potensi pajak reklame.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Taxation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Taxation
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:34
Last Modified: 28 Sep 2016 02:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11380

Actions (login required)

View Item View Item