Pengaruh Strategi Bisnis, Ketidakpastian Lingkungan, dan Desentralisasi Terhadap Hubungan Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Broad Scope dan Timeliness dengan Kinerja organisasi ( Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Semarang )

TRIASTUTI, ELIZABETH IRA (2011) Pengaruh Strategi Bisnis, Ketidakpastian Lingkungan, dan Desentralisasi Terhadap Hubungan Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Broad Scope dan Timeliness dengan Kinerja organisasi ( Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Semarang ). Other thesis, Prodi Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.60.0078 Elizabeth Ira Triastuti COVER.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.60.0078 Elizabeth Ira Triastuti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB II)
06.60.0078 Elizabeth Ira Triastuti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB III)
06.60.0078 Elizabeth Ira Triastuti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB IV)
06.60.0078 Elizabeth Ira Triastuti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
06.60.0078 Elizabeth Ira Triastuti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis, perusahaan dituntut untuk dapat melakukan perbaikan yang berkesinambungan dengan melihat dan menggunakan peluang. Informasi sistem akuntansi manajemen menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan manajemen dalam perusahaan. Informasi yang tersedia memiliki karakteristik seperti broad scope, timeliness, agregrasi, dan integrasi. Kinerja organisasi merupakan tolak ukur dalam mencapai keberhasilan. Agar dapat meningkatkan kinerja organisasi, terdapat faktor – faktor yang dapat menunjang seperti menggunakan strategi bisnis, mengantisipasi adanya ketidakpastian lingkungan, serta pendelegasian wewenang (desentralisasi) kepada pihak yang memegang tanggung jawab di bidangnya. Penelitian ini berupaya menemukan bukti empiris untuk menguji apakah strategi bisnis, ketidakpastian lingkungan, dan desentralisasi dapat meningkatkan hubungan karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen broad scope dan timeliness dengan kinerja organisasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah hotel berbintang. Responden difokuskan pada manajer di setiap divisi. Jumlah sampel hotel yang diperoleh adalah 16 hotel. Dari jumlah tersebut, kuesioner yang kembali dan terisi lengkap sebanyak 39 kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa informasi yang berkarakteristik broad scope dan timeliness dapat meningkatkan kinerja organisasi. Strategi bisnis, ketidakpastian lingkungan tidak dapat meningkatkan hubungan antara informasi yang berkarakteristik broad scope dan timeliness dengan kinerja organisasi. Desentralisasi tidak dapat meningkatkan hubungan antara informasi yang berkarakteristik broad scope dengan kinerja organisasi. Tetapi, Desentralisasi dapat meningkatkan hubungan antara informasi yang berkarakteristik timeliness dengan kinerja organisasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 Oct 2016 06:23
Last Modified: 12 Oct 2016 06:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11354

Actions (login required)

View Item View Item