ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI YANG BERBASIS PADA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN METODE MODEL DRIVEN PADA CV.GRACIA UNILINE

ANGELINA, F.ANITA (2010) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI YANG BERBASIS PADA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN METODE MODEL DRIVEN PADA CV.GRACIA UNILINE. Other thesis, Prodi Akuntansi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.60.0043 F. Anita Angelina COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.60.0043 F. Anita Angelina BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
06.60.0043 F. Anita Angelina BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB III)
06.60.0043 F. Anita Angelina BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB IV)
06.60.0043 F. Anita Angelina BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06.60.0043 F. Anita Angelina BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.60.0043 F. Anita Angelina DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan sistem informasi yang baik yang dibutuhkan pada CV. Gracia Uniline Semarang. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem laporan keuangan pada CV. Gracia Uniline dari mulai sistem penjualan tunai dan kredit, sistem pembelian kredit, sistem persediaan, sistem pengeluaran kas (biaya-biaya), dan sistem pelaporan keuangannya (hanya dikhususkan sampai penghitungan laba bersih sebelum beban dan pendapatan lain-lain) untuk menanggulangi atau mengatasi sistem manual lama yang ada permasalahan yaitu kurang optimal atau kurang efektif dan terkadang ada kesalahan perhitungan. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model driven development. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya adalah sebagai berikut: (1) Sistem lama yang secara manual pada CV. Gracia Uniline Semarang memiliki beberapa kelemahan, yaitu misalnya saja dalam hal penyampaian informasi yang ditujukan kepada konsumen maupun kalangan internal perusahaan, seperti manager dan pemilik dari CV. Gracia Uniline itu sendiri, kinerja yang kurang mampu memberikan laporan-laporan secara cepat dan akurat yang diperlukan oleh pihak internal CV. Gracia Unilline Semarang. (2) Scope pengembangan sistem adalah pada: sistem penjualan tunai dan kredit pembelian kredit, persediaan, pengeluaran kas (biaya-biaya), pelaporan keuangannya (hanya dikhususkan sampai penghitungan laba bersih sebelum beban dan pendapatan lain-lain). (3) Sistem yang telah dirancang akan dapat memberikan kemudahan, meningkatkan efisiensi waktu dan efektivitas kinerja, tepat dan akurat dalam pencarian informasi, tepat waktu dalam proses pelaporan, meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah: (1) Sebaiknya pihak CV. Gracia Unilline Semarang menerapkan penggunaan sistem komputerisasi sebagai ganti sistem manual yang lama untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan operasi sehari-harinya. (2) Data dan informasi yang dihasilkan dari sistem ini, sebaiknya diimplementasikan lebih pada prakteknya lagi, misalnya dengan merancang sistem komputerisasi dalam bentuk RAD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 26 Sep 2016 02:48
Last Modified: 26 Sep 2016 02:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item