SELF-DETERMINATION THEORY (SDT) OF MOTIVATION PADA GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH PINGGIRAN KOTA SEMARANG

KARTIKA, STEPHANIE LINTANG NDARU PRABA (2016) SELF-DETERMINATION THEORY (SDT) OF MOTIVATION PADA GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH PINGGIRAN KOTA SEMARANG. Other thesis, PRODI PSIKOLOGI UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika COVER.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB II)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB III)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB VI)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-determination theory (SDT) of motivation guru sekolah dasar di daerah pinggiran kota Semarang dari Ryan & Deci. Motivasi ekstrinsik meliputi regulasi eksternal, introyeksi, identifikasi dan integrasi. Motivasi intrinsik meliputi minat, kesukacitaan bekerja dan kepuasan. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga guru sekolah dasar yang berada di daerah pinggiran dengan lama mengajar lebih dari lima tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara bebas terpimpin ditambah dengan observasi terhadap ketiga subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga subjek memiliki motivasi awal dan motivasi bertahan yang berbeda-beda. Motivasi ekstrinsik dan intrinsik memiliki nilai yang sama. Motivasi awal SR adalah introyeksi yang merupakan motivasi ekstrinsik dalam hal memperoleh pengakuan dari orang lain. Motivasi awal RD terbentuk dari dalam diri (minat) sejak kecil ingin menjadi guru. Motivasi awal SP terbentuk dari keinginan ayah agar ia menjadi guru, hal tersebut termasuk motivasi ekstrinsik identifikasi. Motivasi bertahan SR yang muncul adalah intrinsik (kepuasan) mempunyai tekad kuat sebagai alumni ia merasa mempunyai kewajiban memajukan siswa di daerah tersebut. Motivasi bertahan RD tetap mengajar di daerah pinggiran yaitu karena adanya nilai penting penghargaan (regulasi eksternal) berupa urusan kepegawaian tetap lancar jika mengajar di sekolah tersebut. Motivasi bertahan SP juga berupa motivasi ekstrinsik (regulasi eksternal) muncul karena ia merupakan guru pelopor dari sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 19 Sep 2016 08:37
Last Modified: 19 Sep 2016 08:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item View Item