PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS DI PT. CITRA MANDIRI MULTI FINANCE SEMARANG)

Frediyanto, - (2016) PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS DI PT. CITRA MANDIRI MULTI FINANCE SEMARANG). Other thesis, PROGDI ILMU HUKUM UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.20.0006 Frediyanto COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.20.0006 Frediyanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
12.20.0006 Frediyanto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB III)
12.20.0006 Frediyanto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
12.20.0006 Frediyanto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.20.0006 Frediyanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Lahirnya Perusahaan Pembiayaan pada dasarnya dilatarbelakangi oleh tuntutan ekonomi di era globalisasi yang terus berkembang sehingga kebutuhan akan alat transportasi sangat penting. Fasilitas yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan konsumen sangat meringankan beban konsumen yang kekurangan dana untuk membeli alat pendukung usaha. Berdasarkan alasan tersebut maka PT. Citra Mandiri Multi Finance Semarang memberikan kemudahan bagi konsumen yang membutuhkan sarana transportasi namun tidak memiliki dana cukup untuk membeli secara tunai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pelaksanaan perjanjian kredit kepemilikan kendaraan bermotor dengan jaminan fidusia pada PT. Citra Mandiri Multi Finance Semarang serta upaya penyelesaian masalah yang timbul jika terjadi wanprestasi oleh Debitur dalam perjanjian kredit kepemilikan kendaraan bermotor tersebut. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptis analitis. Obyek penelitian ini adalah Pelaksanaan Perjanjian Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor Dengan Jaminan Fidusia pada PT. Citra Mandiri Multi Finance Semarang dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari PT. Citra Mandiri Multi Finance Semarang dan Debitur PT. Citra Mandiri Multi Finance Semarang. Sedangkan data sekunder diperoleh Penulis dengan cara pengumpulan bahan-bahan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perjanjian kredit kendaraan bermotor di PT. Citra Mandiri Multi Finance Semarang sudah didasarkan Pasal 1320 KUHPerdata dan Undang-undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia Pasal 11 angka (1) yang menyebutkan bahwa benda yang dibebani dengan Jaminan Fidusia wajib didaftarkan. Pendaftaran Jaminan Fidusia dalam Pasal 12 angka (1) Undang-undang Jaminan Fidusia menyebutkan bahwa Pendaftaran Jaminan Fidusia dilakukan di Kantor Pendaftaran Jaminan Fidusia. Upaya penyelesaian yang dilakukan Kreditur terhadap Debitur yang wanprestasi, memberikan teguran jika pihak Debitur tidak menanggapi peringatan dari Kreditur, apabila peringatan-peringatan yang diberikan Kreditur tetap tidak di tanggapi, maka Kreditur melakukan penarikan atas barang jaminan tersebut sebagaimana yang telah diatur dalam Perjanjian Pembiyaan Konsumen PT. Citra Mandiri Multi Finance Semarang Pasal 13 dan berdasarkan hak eksekusi penerima fidusia yang diatur dalam Pasal 29 ayat (1) Undang-undang Jaminan Fidusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics
300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:07
Last Modified: 28 Sep 2016 08:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item View Item