IDENTIFIKASI MOTIVASI WIRAUSAHA DALAM MENJALANKAN USAHA MIKRO KECIL MENURUT TEORI MC. CLELLAND (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN DI PERUMAHAN GENUK INDAH SEMARANG)

WIJAYA, KOO, YENNY YULIANI (2016) IDENTIFIKASI MOTIVASI WIRAUSAHA DALAM MENJALANKAN USAHA MIKRO KECIL MENURUT TEORI MC. CLELLAND (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN DI PERUMAHAN GENUK INDAH SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
12.30.0111 Koo, Yenny Yuliani W COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text (BAB I)
12.30.0111 Koo, Yenny Yuliani W BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
12.30.0111 Koo, Yenny Yuliani W BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
12.30.0111 Koo, Yenny Yuliani W BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB IV)
12.30.0111 Koo, Yenny Yuliani W BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB V)
12.30.0111 Koo, Yenny Yuliani W BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.30.0111 Koo, Yenny Yuliani W DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12.30.0111 Koo, Yenny Yuliani W LAMPIRAN.pdf

Download (253kB)

Abstract

Semakin hari, pertumbuhan penduduk akan semakin meningkat. Hal tersebut akan dapat memicu tingginya tingkat angkatan kerja di Indonesia, sedangkan lapangan yang pekerjaan yang tersedia tidak memadai. Sehingga, berpengaruh pada tingkat penggangguran yang cenderung meningkat. Maka, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menjadi wirausaha dengan menjalankan usaha mikro dan kecil berupa rumah makan. Bisnis rumah makan ini sangat digemari di perumahan Genuk Indah karena banyak faktor yang mendukung. Dengan begitu, menjadi wirausaha dapat mengurangi jumlah pengangguran dan dapat membuka lapangan usaha baru bagi orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi wirausaha dalam menjalankan usaha mikro kecil berupa rumah makan di perumahan Genuk Indah Semarang berdasarkan teori Mc. Clelland yang meliputi kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, kebutuhan akan afiliasi. Penelitian ini mengambil 5 responden yaitu pemilik rumah makan dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui motivasi wirausaha dalam menjalankan usaha mikro dan kecil pada rumah makan di perumahan Genuk Indah, tergolong tinggi pada setiap kebutuhan. Kebutuhan yang paling tinggi adalah kebutuhan akan afiliasi dengan skor 20,2. Kemudian di posisi kedua adalah kebutuhan akan kekuasaan dengan skor 19,6. Pada posisi ketiga atau terakhir adalah kebutuhan akan prestasi dengan skor 18,7.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 Sep 2016 08:38
Last Modified: 14 Sep 2016 08:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11136

Actions (login required)

View Item View Item