PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI KEPUASAN KERJA DAN UPAYA UNTUK MENGELOLA KEPUASAN KERJA KARYAWAN CV. JAYA MANDIRI

YULIANTO, ANIS AGUS (2015) PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI KEPUASAN KERJA DAN UPAYA UNTUK MENGELOLA KEPUASAN KERJA KARYAWAN CV. JAYA MANDIRI. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
11.30.0197 Anis Agus Yulianto COVER.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB I)
11.30.0197 Anis Agus Yulianto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB II)
11.30.0197 Anis Agus Yulianto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB III)
11.30.0197 Anis Agus Yulianto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV)
11.30.0197 Anis Agus Yulianto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB V)
11.30.0197 Anis Agus Yulianto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.30.0197 Anis Agus Yulianto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11.30.0197 Anis Agus Yulianto LAMPIRAN.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi karyawan mengenai kepuasan kerja dan upaya yang dilakukan perusahaan maupun karyawan untuk mengelola kepuasan kerja karyawan CV. Jaya Mandiri Pada landasan teori dijelaskan mengenai definisi kepuasan kerja, teori kepuasan kerja, dimensi kepuasan kerja, faktor-faktor yang menyebabkan kepuasan kerja, cara mengungkapkan ketidakpuasan kerja. Selain itu dijelaskan pula mengenai kerangka pikir penelitian dan juga definisi operasional mengenai kepuasan kerja. Objek dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Jaya Mandiri yang berjumlah 12 orang. Dari hasil dan kesimpulan dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa persepsi karyawan mengenai kepuasan kerja termasuk dalam kategori puas, namun terdapat satu aspek yang termasuk dalam kategori tidak puas yaitu pemberian gaji yang lebih tinggi dari pesaing (Indoprint). Upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kepuasan kerja termasuk dalam kategori tinggi, upaya yang dilakukan dengan mempertahankan pekerjaan yang menyenangkan, menarik dan menantang, mempertahankan bahkan meningkatkan gaji dan memberikan bonus atau penghargaan, mengadakan gathering atau wisata bersama secara rutin untuk mempertahankan hubungan yang baik antara atasan dengan bawahan, tetap memberikan kesempatan promosi dan mempertahankan dengan memberikan rekan kerja yang kompeten. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh karyawan juga masuk dalam kategori tinggi, upaya yang dilakukan dengan cara karyawan tetap mengontrol tugas-tugas kerjanya secara bebas, tetap merasa puas dengan gaji dan bonus yang diberikan perusahaan, karyawan tetap mentaati peraturan yang berlaku, karyawan tetap mau untuk maju dan berkembang dalam bekerja dan mempertahankan kerja sama dan menjaga hubungan yang terjain baik dengan rekan kerja. Perusahaan harus dapat mempertahankan kepuasan kerja karyawan dan upaya-upaya yang dilakukan oleh perusahaan maupun karyawan. Perusahaan juga harus mau untuk melakukan survey di pesaing mengenai kisaran gaji, sehingga dapat membandingkan gaji di CV. Jaya Mandiri dengan pesaing untuk mengatasi ketidakpuasan karyawan terhadap gaji yang lebih besar dari pesaing. Apabila perusahaan memberikan harapan bahwa ada kesempatan promosi, maka perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang jelas. Upaya-upaya untuk mempertahankan kepuasan kerja yang dilakukan perusahaan maupun karyawan dapat didukung dengan cara menyediakan kotak saran dan mengadakan pertemuan secara berkala untuk melakukan sharing yang berhubungan dengan pekerjaan , semua itu bertujuan untuk mendukung kinerja karyawan di dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 Sep 2016 09:08
Last Modified: 14 Sep 2016 09:08
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item