Analisis Keakuratan Z-Score Model Altman dalam Memprediksi Kondisi Keuangan Perusahaan (Sudi Kasus pada PT. Aqua Golden Mississipi. Tbk dan PT. Ades Water

Haryono, Citra Callista Endra (2008) Analisis Keakuratan Z-Score Model Altman dalam Memprediksi Kondisi Keuangan Perusahaan (Sudi Kasus pada PT. Aqua Golden Mississipi. Tbk dan PT. Ades Water. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img] Text (COVER)
08.30.0061 Citra Callista Endra H COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1)
08.30.0061 Citra Callista Endra H BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB 2)
08.30.0061 Citra Callista Endra H BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB 3)
08.30.0061 Citra Callista Endra H BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB 4)
08.30.0061 Citra Callista Endra H BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB 5)
08.30.0061 Citra Callista Endra H BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.30.0061 Citra Callista Endra H DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08.30.0061 Citra Callista Endra H LAMPIRAN.pdf

Download (188kB)

Abstract

Model pembiayaan yang saat ini mulai banyak digunakan oleh perusahaan untuk mendanai kegiatan operasionalnya adalah menggunakan penerbitan saham dalam pasar bursa. Namun, dari banyaknya perusahaan yang ingin menjadi go public, terdapat sebuah fenomena yakni adanya delisting atas saham perusahaan. Kondisi keuangan perusahaan yang tidak terlalu baik sering dijadikan sebagai sebuah alasan untuk melakukan delisting. Kondisi keuangan perusahaan dapat dilihat melalui laporan keuangan dan analisis rasio keuangan. Selain itu, terdapat juga sebuah alat analisis Z-Score Model Altman yang dapat memprediksi potensi kebangkrutan sebuah perusahaan dengan kombinasi berbagai rasio keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keakuratan Z-Score Model Altman dalam meprediksi kondisi keuangan perusahaan yang menggunakan kasus pada PT. Aqua Golden Mississipi. Tbk dan PT. Ades Water Indonesia. Tbk. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yakni analisis ZScore Model Altman, analisis rasio keuangan, dan analisis kualitatif. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Z-Score Model Altman tidak dapat memberikan alasan PT. Aqua Golden Mississipi.Tbk melakukan delist dari bursa dan PT. Ades Water Indonesia.Tbk tetap bertahan dalam bursa. Hasil analisis Z-Score Model Altman dan rasio keuangan menunjukkan bahwa PT. Aqua Golden Mississipi.Tbk memiliki kondisi keuangan yang lebih baik dan sehat dibandingkan dengan PT. Akhasa Wira International.Tbk, namun PT. Aqua Golden Mississipi.Tbk justru melakukan delist dari bursa. Alasan delist PT. Aqua Golden Mississipi.Tbk lebih kepada keinginan perusahaan untuk merekonsiliasi ketiga unit bisnisnya dan kecukupan modal yang telah dimiliki perusahaan dalam membiayai operasionalnya. Kondisi keuangan yang kurang baik pada PT. Akhasa Wira International.Tbk justru membuat perusahaan mempertahankan diri dalam bursa dikarenakan perusahaan masih membutuhkan tambahan sumber modal yang berasal dari para pemegang saham untuk menjalankan operasional perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 30 Sep 2016 01:30
Last Modified: 30 Sep 2016 01:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10540

Actions (login required)

View Item View Item