PENGARUH BAURAN PROMOSI DI SAAT KRISIS MONETER TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PRODUK DJARUM SUPER 12 (STUDI KASUS PADA PT. DJARUM PERWAKILAN SEMARANG)

HAMBALI, JEVRI KURNIAWAN (1999) PENGARUH BAURAN PROMOSI DI SAAT KRISIS MONETER TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PRODUK DJARUM SUPER 12 (STUDI KASUS PADA PT. DJARUM PERWAKILAN SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
95.30.2405 Jevri Kurniawan H COVER.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB I)
95.30.2405 Jevri Kurniawan H BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB II)
95.30.2405 Jevri Kurniawan H BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB III)
95.30.2405 Jevri Kurniawan H BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (BAB IV)
95.30.2405 Jevri Kurniawan H BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB V)
95.30.2405 Jevri Kurniawan H BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
95.30.2405 Jevri Kurniawan H DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
95.30.2405 Jevri Kurniawan H LAMPIRAN.pdf

Download (103kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan usaha dew8sa in1 menyebabkan situasi persaingan antar pet"llsahaan dalam rnemperebutkan pasar menj adi semakin ketat, khususnya persaingan di antara perusahaanperusahaan yang berada dalarn industri yang sarna dengan pasar sasaran yang sarna pula. Dalam Sit~ ~ erti ini, mau tidak mau setiap perusahaan har~.e.lai tl"mpertrat . an.: n rnengelola kegiatan pemasarannya ng n pai k ' agal:l dapat -III, enangkan persaingan. ~ Suatu perusahaan mampu mempertahankan kela hidupnya di ~uat u dustri ap.bl.la ia 1 apabila perusahaa ter ebut ~ u penjualannya tuju n utama mendap tkan aba maksimal, maka pe rus. aan te.rsebu~ akan' _ny. I , emu, nan yang besar untuk dap semakin ~k~ : " ~ ~ Oleh karena itu ~ keg~tan ~ma~rkan perusahaan harus mengadak"-'1 komuol.ka..si denga~~ n yang rnen.J ad 1· sasarannya. Salah at-- - :,nt u~... muni k~a d engan -., melakukan promosi. Kegiatan promosf' i rl1 dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada !consumen sasaran mengenai p["oduk yang ditawarkan oleh pe["usahaan dan membujuk rne["eka agar mau membel1, serta untuk mengingatkan kembali pelanggan lama agar melakukan pembelian ulang. Oleh kar-ena itu. dengan adanya kcgiatan promosi diha["apkan volume penjualan akan semakin meningkat, sehingga perusahaan dapat mempe["tahankan pangsa v pasaL yang telah dikuasainya atau bahkan mampu mempe~luas pangsa pasarnya . Dengan adanya kegiatan p~omosi diha~apkan volume penjualan akan semakin meningkat. Bertolak da~i tujuan perusahaan dan tuntutan untuk selalu meningkatkan volwne penjualannya perusahaan-perusahaan di Indonesia saat 1n1 sedang mengalami dilema. Hal in1 disebabkan karen a Indonesia pad a saat ini sedang mengalami Kendisi krisis moneter berkepanjangan. Sebagai akibat adanya xrisis monete[' ini, maka para pemakai produk atau konsumen menjadi Iebih selektif dalam menilai barang yang akan dibeliny~~gga secara tidak Iangsung akan menyebabkan da'~;~L8kat D!.en~run. Dengan turunnya daya bell masy' .a- 'llt terhadap suatu pr )~ secara otomatis pula akan moneter. Volume Dab~an ~urunan vol~ usahaan dibandlng tahun sebelum (sebelum adanya kri ' s m~ne er) rneng alam~ kenaikan. Namun tse jak tahun 1991 mengalarni/ penu runan dengan ~ • kr isi mo~ er, dan meningkat lagi da sebe s ar 2. 921. H in1) ng I ! menyebabkan perusah arus melakukan p"JrnOSi terus menerus mes kip~iaya untuk (: ro~yengal ami kep.J kan . dimana kenaikan i n1 diseba kan ka n a~~ iklao 1:tuntut untuk menaikkan t arif ba~ ara pelangifannya. ~lruf melakukan kegiatan prornosinya, keb~yak~~~~ hanya menggunakan satu alat promosi saja, etap biasanya perusahaan mengkomb1nasikan beberapa alat promosi. Oleh karena 1tu, set1ap pecusahaan ha("us dapat menentukan kombinasi yang efisien dad alat-alat promosi yang akan digunakan oleh perusahaan sehingga kegiatan promosi yang dilakukan pada saat krisis rnoneter 1n1 dapat memberikan hasil yang sebanding dengan kenaikan biaya yang harus dikeluarkan untuk promosi pada saat krisis moneter. Salah satu cara yang harus dilakukan oleh P.T. Djarum PeLWakilan semarang untuk mengatasi sitU8si persa1ngan saat in1 adalah dengan mencari kegiatan promosi manakah yang efisien. 8eranjak: dart latar belakang di atas, maka peneliti mencoba menelaah mengena! peranan promosi (per1klanan, personal selling, dan promosi penjualan) yang dilakukan perusahaan, apakah benar-benar mempengat"uh1 volwne penjualan pada PT. Djanlm perwakilan Sernar-ang di saat kris1s moneter, dan jenis promosi manakah yang efisien. yang menjadt ookok perumusan 1. Adakah pengaruh kegiatan ...,..,,..-::.. dengan dem1kian maka a ~ sebagai berikut dan promosi penjualan j e.c-ara Qer'sama-sanl.a terh da volume penjualan di s aat k~/ iS mon~~~ 2. Jenis kegiatan ba ren prornosi man_leah yan~alin'Q. ' U>E peng aruhnya di dilakukan PT. 0 moneter. Penelitian ln1 Perwakilan Semarang no .16 Semarang. obyek penelitian promosi om.. ee rwakil an .,-. ilaku an d1 perusahaan • ang J ter.letak di Jalan di s at rok~k ) T. pandeah Lam 0" I IV lah untuk memudahkan peneliti dalam mengadakan penelitian. karena masih termasuk dalam kotamadya Semarang. Dalam penelitian 1ni data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang d1kumpulkan dan diolah send1r1 oleh peneliti. Data primer dalam pene11tian ini berupa data volume penjualan per tri wulan dari tahun 1991 sampat tahun 1999 yang diwujudkan dalam satuan rupiah dan data biaya periklanan. personal selling dan promosi penjualan per tei wulan dari tahun 1997 sampai tahun 1998 yang juga diwujudkan dalam satuan rupiah . Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, sedangkan meta de anal isis data yang digunakan adalah analisis Imantitatif. Analisis kuantitati f yang digunakan ada1ah analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian dan anal1sis data, dapat ditarik kes1mpulan sebagai berikut 1. Kegiatan promosi yang dilakukan Djarum Perwakilan Serna rang (Perl klanan, Persona Promasi Penjualan) secara volume penjualan, dimana jenis kegiatan promosi rnember1kan penjualan 101 seperti harg a, pemerintah . 2 . Dari ketiga j en ' kegi an bauran prromo an PT. Djarum Perwak n sema~ng d~at d11ihat b hwa ke~ tan personal selling "nya~ ~~i~9 besa~ntuk meningkatkan volume pe j~ alan dl. s05at 'kri~1s rna t'er, hal itu terbukti dengan l~~oef1sien personal selling (1102 . 78) lebih &da - regresi promosi penjualan (873.11) sedangkan kegiatan per1klanan tidak efis1en d1lakukan pada saat krisis moneter karena hanya mempunyai pengaruh paling kecil (101.19). Saran-saran yang dapat diajukan setelah mengadakan penelitian dan anal isis data adalah sebagai berikut 1. Untuk kegiatan periklanan yang tidak efisien untuk rneningkatkan volume penjualan karena pengaruhnya paling viii kecil di saat krisis moneter disacankan agar PT. Dj arum Perwakilan Semarang meninjau kembali pengalokasian biaya pedklanan, agar benar-benar ditujukan untuk kegiatan promosi yang lebih efisien. 2. Kegiatan personal selling yang terbukti paling efisien dalam meningkatkan volume penjualan di saat krisis moneter karena pengaruhnya paling besar dapat leb1h ditingkatkan dengan menambah tenaga pemasaran untuk canvas, juga untuk kegiatan prorno!!i penjualan periu ditambah dengan membag1kan rcleok dalam :l umlah h~diah untuk pembeli yang tertentu, sehingga blay dapat dimanfaatkan secara 0 t K. 3. PT. Djarum Pe C"Wakll Sernarang fl am -~anakan~9iatan promosiny. h'~US .Jt.1U 7"'ntro1 apak.h k'e iat.n omos i yang dllakUka~~~ me1 Adal sehingga kegiatan romos ..,y; og akan dilaksanaka dl masa mendatan d apat Iebih e r pe I ruh 1- untuk meningkatk pen1ual an • -

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:50
Last Modified: 22 Jun 2016 06:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item