EFEK PENGGUNAAN COGNITIVE – BEHAVIORAL PLAY THERAPY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA ANAK YANG MENGALAMI GEJALA POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER

Cahyadi, Andi (2016) EFEK PENGGUNAAN COGNITIVE – BEHAVIORAL PLAY THERAPY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA ANAK YANG MENGALAMI GEJALA POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER. Masters thesis, Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
10.92.0052 Andi Cahyadi COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text (BAB I)
10.92.0052 Andi Cahyadi BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB II)
10.92.0052 Andi Cahyadi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB III)
10.92.0052 Andi Cahyadi BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB IV)
10.92.0052 Andi Cahyadi BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB V)
10.92.0052 Andi Cahyadi BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.92.0052 Andi Cahyadi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek penerapan Cognitive Behavioral Play Therapy untuk menurunkan kecemasan pada anak yang mengalami gejala post-traumatic stress disorder. Subjek penelitian ini adalah seorang anak laki-laki berusia 10 tahun yang mempunyai satu atau lebih gejala kecemasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject design dengan desain penelitian menggunakan interupted time series design. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes inventori yaitu Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) yang telah diadaptasi ke bahasa Indonesia. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan cognitive behavioral play therapy yang diberikan selama 6 kali pertemuan. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif melalui grafik dan juga menggunakan analisis statistik dengan Wilcoxon The Signed-Rank Test. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui analisa statistik memperlihatkan bahwa thit (0) < t.01 (19), dimana hal tersebut menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan sebelum dengan setelah perlakuan. Dimana tingkat kecemasan menjadi lebih rendah pada saat setelah diberikan perlakuan menggunakan Cognitive Behavioral Play Therapy.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 610 Medicine and health > 616 Diseases > Health Psychology > Stress
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 14 Jun 2016 05:08
Last Modified: 14 Jun 2016 05:08
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item